Kamis, 30 Mei 2013

Belajar Teknik Melukis

Dalam hal mengenai seni lukis, pelukis diharapkan mampu mengekspresikan perasaan, gagasan, ide, pemikiran dalam bentuk sebuah goresan tangan.

Untuk menghasilkan gaya dalam seni melukis, terdapat beberapa cara belajar teknik melukis yang bisa dijadikan acuan bagi para pelukis melalui liputan informasi tentang cara melukis. Hal ini akan membantu para pelukis dalam mengoreskan tinta ke atas kanvas sebagai wujud inspirasi yang ia miliki.

Teknik melukis.jpg
Berikut adalah teknik-teknik yang digunakan dalam melukis:

Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik atau cara melukis dengan menggunakan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan tersebut akan tampak tembus pandang atau transparan.

Plakat

Plakat merupakan teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal atau kental, sehingga hasil lukisan akan tampak pekat atau menutup seluruh medianya.

Spray

Dari namanya, tentu semua orang akan mengetahui teknik melukis yang satu ini. Teknik lukis ini adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat. Cara melukis dengan teknik ini adalah menggunakan bahan cair yang kemudian disemprotkan dengan alat sprayer. Teknik ini sering digunakan untuk membuat sekitar lukisan lebih visual.

Pointlis

Teknik pointlis atau titik-titik merupakan teknik dalam melukis yang dilakukan dengan cara membuat gradiasi warna pada gambar. Cara melukis ini dilakukan dengan membuat gelap-terangnya gambar. Hal ini bisa juga dilakukan dengan mencampurkan warna dan membuatnya hanya berupa titik-titik, sehingga hasil gambar jika diteliti akan tampak seperti titik-titik warna.

Tempra

Tempra merupakan teknik melukis dengan cara melukiskan sebuah gambar pada tembok dengan sedemikian rupa. Hal ini nantinya akan menghasilkan sebuah karya seni yang menyatu dengan ilmu arsitektur.

Teknik-teknik melukis ini merupakan teknik yang paling umum digunakan oleh semua pelukis. Hal ini dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan alat dan bahan sebagai perlengkapan dalam melukis.
Aliran-aliran dalam Lukisan

Dalam seni lukis, terdapat beberapa aliran lukisan yang saat ini cukup banyak. Berikut adalah beberapa aliran yang ada dalam lukisan d seluruh dunia;
1. Surrealisme

Aliran lukisan surrealisme ini merupakan lukisan yang menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui dalam mimpi dan sebenarnya hanya ada di gudang pikiran bawah sadar manusia.

Pelukis berusaha untuk membebaskan pikirannya dari bentuk pikiran logis kemudian menuangkan setiap bagian dari objek untuk meghasilkan sensasi tertentu. Hal ini bertujuan untuk dapat dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang popular dalam lukisan aliran surrealisme ini adalah Salvador Dali.
2. Kubisme

Kubisme merupakan aliran yang cenderung lukisan yang berusaha untuk mengabstraks objek-objek ke dalam bentuk-bentuk geometri. Salah satu tokoh pelukis dengan aliran kubisme ini adalah Pablo Picasso.
3. Romantisme

Romantisme merupakan aliran tertua dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan ini mencoba menggambarkan bangkitnya kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Salah satu tokoh lukisan aliran romatisme ini adalah Raden Saleh Syarif Bustaman.
4. Abstarksi

Abstraksi merupakan aliran lukisan yang mengusahakan untuk mengesampingkan unsur dari bentuk lukisannya. Teknik abstraksi ini berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer. Hal ini merupakan suatu bentuk atau tindakan untuk menghindari peniruan objek secara mentah.

Selain jenis lukisan yang telah disebutkan di atas, masih banyak pula aliran lukisan yang ada saat ini, seperti fauvisme yang menekankan pada spontanitas emosi pelukis, impresionisme, naturalisme yang menekankan pada suatu objek, ekspresionisme yang menekankan pada emosional pelukis, realisme, dan lain sebagainya.

Belajar Teknik Melukis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *