Permainan Online

kiu kiu online,daftar kiu kiu,domino kiu kiu Cara Daftar Togelplus

Fungsi Ginjal Dan Jenis Gangguan Pada Ginjal

Liputan informasi kesehatan tentang Fungsi Ginjal Dan Jenis Gangguan Pada Ginjal Pada dasarnya, ginjal merupakan organ ekskresi dalam vetrebrata yang berbentuk mirip dengan bentuk kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam betuk urin. Cabang kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut dengan nefrologi.

Jika salah satu ginjal dalam tubuh terganggu fungsinya, maka ginjal yang lainnya masih bisa melaksanakan fungsinya tapi kerjanya menjadi berat. Fungsi ginjal antara lain:

  • Ginjal mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak digunakan dari hasil metabolisme dalam tubuh. Zat ini berupa cairan.
  • Ginjal berguna dalam pengaturan proses metabolisme pertukaran dan penyerapan mineral yang penting bagi tubuh, seperti Kalsium, Natrium juga Vitamin.
  • Ginjal membantu tubuh dalam memproduksi hormon yang penting bagi tubuh, seperti hormon pengatur kerja mineral, hormon renin yang mengatur tekanan darah dan lainnya.
  • Ginjal dapat menjaga keseimbangan kadar darah dalam tubuh seperti mengatur cairan/air dalam darah.

Ginjal.jpg
Bentuk ginjal adalah seperti kacang. Ukuran ginjal sendiri pada manusia seukuran dengan kepalan tangan. ginjal terletak di dekat tengah punggung, tepat dibawah tulang rusuk, dan satu disetipa sisi tulang belakang.

Ginjal adalah mesin pengolahan yang cangih. Setiap harinya ginjal manusia memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring sekitar 2 liter produk limbah dan air ekstra yang terkandung dalam darah tersebut. Limbah dan air ekstra kemudian menjadi urin yang mengalir ke kandung kemih. Proses pemindahan urin menuju kandung kemih ini melalui tabung yang disebut ureter. Selanjutnya, kandung kemih akan menyimpan urin sampai melepaskan melalui buang air kecil.

Limbah dalam darah berasal dari pemecahan normal jaringan aktif, seperti otot, dan dari makanan. Tubuh memanfaatkan makanan untuk energi dan perbaikannya. Setelah tubuh telah mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, limbah akan dikirim ke darah. Jika ginjal tidak menyaring limbah dalam darah maka limbah tersebut akan mengumpu dalam darah dan merusak tubuh.

Penyaringan atau penghapusan limbah terjadi dalam unit kecil di dalam ginjal. Unit kecil ini lebih dikenal dengan sebutan nefron. Setiap ginjal memiliki sekitar satu juta nefron. Dalam nefron ini, sebuah glomerulus yang merupakan pembuluh darah kecil atau kapiler intertwines dengan tabung pengumpul urin kecil yang disebut dengan tubulus.

Glomerulus berfungsi sebagai unit penyaringan atau saringan dan membuat protein normal, serta sel-sel dalam aliran darah memungkinkan untuk melewati dan terjadinya sebuah proses penyaringan di unit kecil tersebut. sebuah pertukatan kimia yang rumit terjadi, sebagai limbah bahan dan air meninggalkan darah dan meningalkan darah dan memasuki sistem dalam kandung kemih.

Pada awalnya, tubulus menerima campuran dari bahan limbah dan bahan kimia dalam tubuh yang masih belum terpisah. Kemudian ginjal mengukur bahan kimia yang terdapat dalam tubuh tersebut, seperti natrium, fosfor, kalium, dan melepaskannya kembali dalam darah. Bahan kimia ini kemudian akan dikembalikan darah kepada tubuh kembali. Dengan cara ini, ginjal dapat mengatur tingkat zat yang ada dalam tubuh.

Selain menghilangkan limbah atau zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, ginjal juga membuat hormon yang sangat penting dalam keberfungsiannya dalam tubuh. Berikut adalah beberapa hormon yang dihasilkan oleh ginjal dalam tubuh manusia;

Eritropoietin atau disingkat menjadi EPO. Hormon ini merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. Dengan bgitu, pasokan darah merah ini terus mengalir dalam tubuh manusia.

Renin. Hormon Renin bertugas untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Calcitriol. Hormon Calcitriol ini bentuk aktif dari vitamin D. Hormon tersebut membantu mempertahakan kalsium untuk tulang, dan untuk keseimbangan kimia yang normal dalam tubuh.

Fungsi-fungsi dari ginjal tersebut memang sangat penting adanya. Meskipun hanya berukuran kepalan tangan manusia, akan tetapi perannya dalam keberlangsung hidup manusia sangatlah vital adanya.

Jenis-jenis Gangguan Ginjal

Penyakit dan gangguan pada ginjal dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri, perdangan maupun pembentukkan endapan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang terdiri atas 2 bagian.

Jika salah satu ginjal tidak berfungsi atau mengalami ganggguan maka hinjal yang satu akan mengambil alih tugas ginjal yang lainnya. Tetapi, jika ginjal rusak kedua-duanya maka hal tersebut sangat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian. Berikut ini adalah jenis penyakit ginjal dan gangguan ginjal yang pada umumnya dialami oleh masyarakat;

Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi akibat adanya endapan garam kalsium dalam ginjal. Hal ini kemudian menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri pada penderitanya, penyakit batu ginjal ini dapat diatasi dengan pembedahan dan sinar laser pada tempat adanya gumpalan tersebut.

Radang Ginjal atau Nefritis

Radang ginjal disebut juga dengan nefritis. Radang ginjal terjadi karena adanya kerusakan nefron, terutama pada glomerulus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Rusaknya nefron mengakibatkan urin masuk ke dalam darah. Hal ini kemudian mengakibatkan penyerapan air menjadi terganggu, sehingga timbul pembengkakan di daerah kaki.

Pada penderita nefritis, penyakit ini bisa disembuhkan dengan pencangkokan ginjal. Cuci darah biasanya dilakukan sampai penderita mendapatkan donor ginjal yang memiliki kesesuaian jaringan dengan organ penderita.
Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi jika salah satu ginjal sudah tidak berfungsi lagi. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih tugasnya oleh ginjal yang lainnya. namun, keadaan ini akan tetap menimbulkan resiko sangat tinggi karena kerja ginjal yang tidak sempurna dapat menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh. Penimbunan urea dalam tubuh ini akan menyebabkan kematian pada penderitanya. penyakit ini dapat diatasi dengan mencangkok ginjal atau menggunakan ginjal tiruan hingga ginjal yang asli dapat kembali berfungsi dengan baik.
Title : Fungsi Ginjal Dan Jenis Gangguan Pada Ginjal
Description : Liputan informasi kesehatan tentang Fungsi Ginjal Dan Jenis Gangguan Pada Ginjal Pada dasarnya, gi...

0 Response to "Fungsi Ginjal Dan Jenis Gangguan Pada Ginjal"

Poskan Komentar