Kamis, 28 Maret 2013

Contoh Surat Lamaran

Contoh surat seperti pada surat lamaran seringkali menampilkan draft yang sama antara contoh yang satu dengan lainnya. Dalam hal melamar pekerjaan menjadi hal yang terkadang membuat seseorang kehilangan semangat karena mengalami stuck pada saat membuat surat lamaran kerja, sebab bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang membedakan biasanya adalah terlihat dari segi penempatan bahasa, letak kepala surat, isi dari suatu surat terentu yang berkenaan dengan sedikit mengenai data diri seperti pengalaman kerja dan keunggulan yang dimiliki. Nah disini akan kita bahas perihal beberapa contoh maupun isi dari surat lamaran kerja

Secara umum, surat lamaran kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah surat dalam bentuk kertas atau elektronik yang dibuat oleh para pencari kerja, baik yang belum pernah bekerja maupun yang sudah pernah bekerja, untuk mengisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh pihak lain (perseorangan, organisasi perusahaan, atau instansi pemerintah

contoh-surat-lamaran-kerja


Bahasa dalam surat lamaran kerja dibedakan menjadi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tentunya dalam penulisan surat lamaran kerja, kedua bahasa ini disajikan dalam bentuk yang formal mengingat tujuan pelamar adalah untuk bisa bekerja di perusahaan besar. Dan biasanya, ragam bahasa baku adalah ragam yang digunakan dalam percakapan antara bos dan karyawan.

Perbedaan yang mencolok pada surat lamaran terletak pada bagian kepala surat dan indent atau spasi yang menjorok ke dalam. Ada yang membuat surat lamaran kerja dengan meletakkan kepala surat di pojok kiri atas yang sejajar dengan badan surat di bawahnya. Ada pula yang membuat surat lamaran kerja dengan kepala surat yang terletak di pojok kanan atas sementara permulaan badan surat ditandai dengan indent, yaitu kata pertama yang diberi satu spasi.

Isi surat yang terdapat dalam contoh surat lamaran kerja biasa menggambarkan data pribadi pelamar secara singkat. Data pribadi ini dibuat singkat supaya yang membacanya bisa mendapatkan sedikit gambaran sebelum ia membaca keseluruhan curriculum vitae atau daftar riwayat pribadi dan akhirnya bertemu langsung dengan Anda.

Surat lamaran kerja terkadang juga berisikan pengalaman kerja singkat sang pelamar dengan maksud agar yang membacanya mendapat sedikit gambaran mengenai pekerjaan yang pernah atau sedang dijalani oleh calon karyawannya. Dan bila perusahaan meminta persyaratan tertentu seperti sertifikat kursus, pengalaman bekerja di bidang tertentu selama beberapa tahun, dan kualifikasi khusus seperti tidak merokok serta sehat, maka pelamar wajib mencantumkannya dalam surat lamaran kerja.

Lamaran kerja . Salah satu berkas yang sangat penting dalam menentukan dalam masa pencarian pekerjaan . Apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja (job application letter)? Secara umum, surat lamaran kerja dapat didefinisikan sebagai sebuah surat (kertas atau elektronik) yang dibuat oleh para pencari kerja, baik yang belum pernah bekerja maupun yang sudah pernah bekerja, untuk mengisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh pihak lain (perseorangan, organisasi perusahaan, atau instansi pemerintah).

Yang dimaksud dengan pencari kerja yang belum pernah bekerja adalah mereka yang baru lulus dari suatu lembaga pendidikan (baik pendidikan dasar maupun perguruan tinggi) dan baru pertama kali memasuki dunia kerja. Sedangkan pencari kerja yang sudah pernah bekerja adalah mereka yang sudah mempunyai pengalaman kerja dan ingin mencari pengalaman berbeda di suatu lembaga bisnis ataupun non bisnis yang lain.

Pelamar kerja yang sudah pernah bekerja tentu saja memiliki tujuan atau orientasi yang berbeda dengan mereka yang belum pernah bekerja, yaitu untuk memperoleh penghasilan yang lebih tinggi atau posisi kerja yang lebih baik dari tempat kerja sebelumnya.

Ketika seseorang hendak melamar salah satu pekerjaan di suatu tempat, salah satu syarat utama untuk mendapatkan tempat ialah kelayakan surat lamaran kerja yang di masukkan.

Dalam surat lamaran kerja, seorang pelamar kerja perlu secara tegas dan jelas memperkenalkan siapa dirinya kepada pihak yang menawarkan peluang kerja. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus dibuat secara persuasif atau mampu meyakinkan pihak lain bahwa segala persyaratan dan kualifikasi yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan harapan pihak perusahaan.

Contoh surat lamaran berbahasa indonesia

Cibinong, 11 Juni 2012
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,Manajer Sumber Daya ManusiaPT. Hand's ParmantindoJl. Raya Bumi Sentoda No. 5Cibinong


Dengan hormat,

Bpk. Bambang Satrio, seorang asisten editor di PT. Hand's Parmantindo, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Hand's Parmantindo.Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand's Parmantindo.
Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

NamaTempat & tgl. lahirPendidikan AkhirAlamatTelepon, HP, e-mailStatus Perkawinan
: Florentina Putri: Probolinggo, 5 Agustus 1979: Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila - Jakarta: Perum Bojong Depok Baru 1, Blok ZT No.3, Cibinong 16913: 021 - 87903802, HP = 0817 9854 203, e-mail = putri.flo@gmail.com: Menikah.
Saat ini saya bekerja di PT. Flamboyan Bumi Singo, sebagai staf akuntasi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.Foto copy ijazah S-1.Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.Pas foto terbaru.Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,


Florentina Putri

Jakarta, 11 Juni 2012
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,Manajer Sumber Daya ManusiaPT. Gilland GaneshaJl. Raya Kebon Durian No. 11Jakarta Timur


Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 9 Juni 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

NamaTempat & tgl. lahirPendidikan Akhir
AlamatTelepon, HP, e-mailStatus Perkawinan
: Benny Kasmanto: Bukit Tinggi, 19 Februari 1976: Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jakarta (Konsentrasi Manajemen Pemasaran): Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi: 021 - 87914990, 0815 965 5695, benny_kas07@yahoo.co.id: Menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.Pas foto terbaru.Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.


Hormat saya,


Benny Kasmanto


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
1. Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Vivi Kavit

Jalan Swadaya Raya 25
Depok 2 Tengah 16411
081212345678

Depok, 15th March, 2015

HRD Sekolah Alam Indonesia

Dear Sir ,

I would like to be the English Teacher in your school. My name is Vivi Kavit and I am 26 years old. I graduated from The Academy of Foreign Language YLPI ABA Indonesia majoring in English.

I started my career at Telkom Speedy 147, where I was assigned in the customer care for 2 years. Then, I was hired as a shadow teacher in Islamic School SDIF Al Fikri Depok until July 2009. After that , I do the freelance work as a private teacher for elementary, teenagers and college students in town and I also do translate some important documents for campus. I am particularly keen to working in this kind of job. Now, I’ve been working as the freelance writer and English private teacher.

I am able to have fun with children and I feel capable of handling any tasks that your school may assign to me. Furthermore, I am responsible , eager to learn, and able to work either independently or as a part of a team.

Enclosed please find my resume, copies of certificates, and a recent photograph. I look forward to your favorable reply.

Yours faithfully,

Vivi Kavit
2. Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Jakarta, September 10, 2013

Ms. Yuliana Bachir
Human Resources Department
PT Citra Kencana, Tbk
Jalan Letjen Supomo Kav VI
Jakarta

Dear Ms. Yuliana,

Herewith I submit my application letter with attached CV fir the Tax Administration positin as advertised in this company website on September 1, 2013.

I had been working in Indonesian Bank Restructuring Agency (BPPN) for more than three years as Tax Officer. My main jobdesks were handling, supervising and monitoring withholding tax matters on frozen banks under BPPN supervision, including discussing objection on tax findings from the tax officers, even in the tax court.

I graduated from University Of Indonesia, majoring in Accounting in 2008. I am sure that my educational background and professional working experiences would suit me in contributing to the further success to the company I work with.

I really appreciate your kind consideration and look forward to your favourable reply soon.

Sincerely yours,

Miranda


Nota: Perkenalkan diri Anda secara singkat dalam sebuah paragraf pembukaUtarakan alasan Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, dan tampilkan kelebihan Anda tanpa muluk-mulukTerangkan mengapa perusahaan harus menerima AndaMinta kesempatan untuk wawancara.

Semoga dengan sedikit liputan informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa dijadikan referensi dalam hala penulisan suratpermohonan lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *