Kamis, 28 Maret 2013

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Surat lamaran kerja yang baik merupakan sebuah surat yang sangat penting yang di dalamnya berisi tentang permohonan serta maksud kita melamar pekerjaan di instansi maupun perushaan yang akan dilamar. Isi surat permohonan yang diajukan di dalam surat itu memiliki poin-poinnya masing-masing sehingga dapat langsung di mengerti oleh para pimpinan perusahaan yang membaca surat yang bersangkutan dan hal yang sering dihadapi oleh para pencari kerja adalah hal menulis surat lamaran kerja. Contoh surat lamaran sangat dibutuhkan saat akan melamar pekerjaan. Seperti apa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar  yang menjadi  kriteria dari perusahaan yang bersangkutan.

Tips+Membuat+Surat+Lamaran+Kerja

Berikut ini saya berikan beberapa tips untuk menulis contoh surat lamaran kerja yang baik.

Promosi

Isi surat kan lebih baik jika lebih mengedepankan kesan simpatik terhadap perusahaan yang anda inginkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Promosikan diri anda sebaik mungkin dan semenarik mungkin, namun tetap tidak sombong dan tidak rendah diri pula.
Impresif

Buatlah pembaca terkesan terkesan tehadap surat lamaran kerja yang anda buat. gunakan kata - kata yang baik dan menarik sehingga mereka merasa tertarik untuk mengetahui diri anda lebih jauh lagi dan lebih dalam sehingga anda dapat mendapatkan posisi pekerjaan yang anda inginkan.
Kelebihan Anda

Anda dapat menuliskan prestasi yang pernah anda raih dalam pengalam kerja anda. Hal tersebut dapat membuat calon perusahaan yang anda inginkan tersebut mengetahui anda memiliki prestasi dan pengalaman yang layak untuk di pertimbangkan bahkan untuk dijadikan sebagai pegawai perusahaan tersebut.
Kosa Kata

Pilihlah kata - kata yang singkat, sederhana namun menarik para pembaca surat lamaran kerja yang anda buat. Buatlah penjelasan tentang diri anda sendiri secara efektif dan singkat. Tetapi ingat, tidak untuk menyombongkan diri namun tidak pula untuk merendahkan diri anda sendiri di depan para HRD perusahaan tersebut, sehingga anda dapat tetap di hargai di depan para pejabat perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa kiat yang mungkin dapat membantu dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

Kesan Individual

Apabila seorang pelamar pekerjaan berencana untuk mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan yang menawarkan kerja pastikan bahwa telah menuliskan nama perusahaan dengan benar di dalam surat lamaran yang akan dikirimkan. Pergunakan nama serta jabatan yang jelas dan hindari kesalahan di dalam penulisan surat.

Singkat dan Padat

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan janganlah membuat surat permohonan dengan cara yang mutar-mutar atau banyak tulisannya. Tuliskan surat dengan singkat dan padat. Pergunakanlah bahasa-bahasa yang mudah di mengerti oleh orang-orang yang membacanya.

Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca surat nantinya dengan secara sengaja mempergunakan kata-kata yang sulit dimengerti oleh orang lain.

Rapi dan Bersih

Hal inilah yang biasanya dilupakan oleh para penulis surat lamaran pekerjaan, karena ingin menulis surat dengan cepat mereka melupakan kerapihan serta kebersihan dari surat yang akan mereka kirimkan. Sebaiknya dalam menulis surat lamaran pekerjaaan gunakanlah program komputer untuk menuliskan surat lamaran tersebut.

Dengan begitu para pelamar pekerjaan dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah untuk dibaca dan enak untuk dipandangnya.
Isi

Suatu hal yang paling penting di dalam penulisan sebuah surat adalah isi dari surat tersebut. Terdapat beberapa bagian surat di isi yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu pembukaan. Pembukaan ini disebutkan dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Selanjutnya Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini.

Pastikan bahwa pencapaian maksimum Anda dalam pekerjaan juga Anda ceritakan tetapi cukup secara singkat saja. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Kemudian yaitu pendidikan. Jika diperlukan, Anda harus menuliskan latar belakang pendidikan Anda secara singkat. Kemudian bagian terakhir dari surat yaitu penutup.

Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa para pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya di dalam surat diyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
Surat Lamaran Kerja Profesional

Gunakan Bahasa Inggris

Dengan menyisipkan bahasa inggris di surat lamaran kerja kita, kita dapat menunjukkan kemampuan bahasa inggris kita kepada bagian HRD di suatu kantor yang anda inginkan sebagai kelebihan yang nada miliki tentunya. Walaupun kemampuan berbnahasa inggris anda tidak semahir yang bisa di lakukan, namun itu dapat memberikan kesan yang cukup baik untuk anda di surat lamaran tersebut.

Namun, pastikan dalam surat lamaran kerja yang anda buat tersebut anda menulis kata - kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Perusahaan - perusahaan besar saat ini tentunya memerlukan seorang karyawan yang memilikin kemampuan dalam bahasa Inggris. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahasa Inggris merupakan bahasa dunia dimana kita menggunakan dalam bahasa inggris di negara manapun yang kita tuju.
Tonjolkan Sifat-sifat Terbaik

Tidak hanya dalam surat lamaran kerja yang harus kita tampilkan kelebihan kita dalam melamar pekerjaan dalam suatu perusahaan yang memebutuhkna karyawan, tetapi kita juga harus menampilkan kelebihan kita dalam sifat - sifat yang di butuhkan dalam pekerjaan. sifat - sifat yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan yang paling dasar seperti sifat hati - hati dan intelegensi yang tinggi.

bahkan hal ini merupakan sifat utama yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang bisa lolos dalam seleksi penerimaan pegawai. Hal ini dapat kita perlihatkan dalam pembuatan surat lamaran kerja yang kita buat tanpa adanya kata - kata yang tidak mengenakkan atau pun ada kata 0 kata yang keliru dalam penulisannya. dan hal tersebut dapat memperlihatkan jati diri anda yang berhati - hati dan peka terhadap hal - hal yang kecil. Dengan kata lain, anda dapat memperomosikan diri anda dengan baik tanpa harus merendahkan diri anda sendiri.

Minta contoh dari teman-teman yang telah berhasil

Anda bisa meminta bantuan teman - teman anda yang telah bekerja di perusahaan - perusahaan besar yang telah memiliki pengalaman yang baik dalam urusan pembuatan surat lamaran kerja. Memang tidak selalu para karyawan yang memiliki keberuntungan untuk bekerja di perusahaan besar mengirimkan surat lamaran kerjanya pada perusahaan tersebut, namun tentunya mereka memiliki pengalaman yang besar yang dapat anda ambil dari masing - masing perusahaan tersebut. Dengan bertanya pada teman anda yang berpengalaman tersebut, anda dapat menentukan sendiri mana surat lamaran kerja yang baik mana yang buruk dengan penilaian yang objektif tentunya.

Gunakan kertas yang bagus, Print dengan mengunakan warna, dan Sertakan Foto

JIka selesai anda membuat surat lamaran kerja dan anda sudah menerima panggilan dari perusahaan yang anda inginkan. Anda bisa membawa surat lamaran kerja ini beserta CV dan kelengkapan surat yang lainnya seperti fotokopi ijazah, fotokopi daftar nilai, fotokopi KTP, dan foto diri untuk disertakan dalam surat lamarabn kerja tersebut. Kelengkapan -kelnegkapan tersebut dapat anda simpan dalam amplop yang dalam keadaan baik dan rapi.

karena seperti yang sudah kita bahas, menunjukkan hal yang baik dan positif merupakan sifat utama ynag harus dimiliki oleh seorang pelamar kerja yang lolos dalam seleksi lamaran kerja. Kita harus menonjolkan sifat utama yang harus dimiliki pada setiap pelamar kerja yang lolos yang salah satunya itu adalah kecerdasan, ketelitian, dan kesopanan yang dapat tercermin dalam surat lamaran kerja yang anda kirim ke perusahaan yang anda tuju.

Dan berikut kami lampirkan beberapa contoh dari penyususnan isi surat lamaran kerja yang baik :

mari kita lihat bagaimana contoh CV surat lamaran kerja yang baik untuk anda.

Jakarta, 29 Maret 2013
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Maju Mundur

Dengan hormat,

Sesuai dengan pemberitaan mengenai lowongan pekerjaan dari PT. Maju Mundur, seperti yang termuat dari harian Fajar Surya pada tanggal 14 Oktober 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Maju Mundur sebagai berikut:
Nama :
Tempat & tgl. Lahir :
Pendidikan Akhir :
Alamat :
HP :
Email :
Status Perkawinan : (single/nikah)

Saat ini saya bekerja sebagai staff di PT. Mundur Maju, Saya senang untuk belajar hal - hal yang baru, dan dapat bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya agar diberi kesempatan wawancara dan bertemu muka bewrsama, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya sendiri. Seperti yang tertulis di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Dan untuk contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris ialah sebagai berikut:

Hikmawati Putri S,E., A.k
Jl. Haji Salim no. 7

hikmawatiputri@yahoo.com
Telp:0351-8877665
Mobile:085752255522


Madiun, Mei 2 2013

To:
Devisi HRD
PT. Astra Intl Tbk – Toyota Sales Operation (AUTO 2000)

Dear Sir or Madam,
With kindly I would like introduce my self in order to join in your company as administration and I send this application and my biodata to offer my service.

Name : Hikmawati Putri S.E., Ak
Place&Birth Date : Madiun, July 23 1977
Age : 23 years old
Address : JL. H. Salim No.22 Rt/Rw 12/03 Bangunrejo Kab. Malang
Handphone : 085752255522 or 0351-8877665
Email Address : hikmawatiputri@yahoo.com
Maritial Status : Single
Education : Professional Education of Accounting at Gadjah Mada University
GPA : 3,75

I am nice, tough, torought, discipline, hard working, and communicative person. I can take pride in my self and my work well it i working is alone or with team, and cope well with high stress situations. I feel that my ability.

I will welcome the opportunity to explore how my experience in my life could best meet your needs. I will gladly welcome an opportunitys to have an interview and meet with you at your convenience in your company, so we could discuss about my qualifications further and in detail.

I hope to hear from you if you have an opening for someone with my qualifications. Thank you every much for your considerations and your respons with my applications.

Your faithfully,

(Hikmawati Putri S.E., Ak)

Itulah contoh surat lamaran kerja yang bisa anda pakai dan gunakan untuk melamar keberbagai instansi dan perusahaan yang termuat didalam Liputan Informasi, yang mudah-mudahan bisa dipakai untuk melamar

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *