Sabtu, 30 Maret 2013

Memahami Dan Mengatasi Rasa Sedih

Ingatlah kawan bahwa hidup ini indah. Sungguh sayang jika hanya dilewati dengan kesedihan berlarut-larut. Kesedihan tidak bisa dihindari ataupun hanya di ungkapkan lewat kata kata sedih yang kita luapkan melalui tulisan saja. Kesedihan harus dihadapi meskipun tidak semudah yang dibayangkan. Tuhan akan menguji semua mahluk yang ada di bumi ini. Hidup itu sulit tapi selalu dihiasi oleh kemudahan yang akan membuat hati bahagia.

Begitu banyak cara untuk mengatasi dan membuat hidup lebih indah dan melihat serta memahami kesedihan yang hanyalah sebagian dari buaian kehidupan. Semua orang pasti pernah sedih. Tetapi yakinlah bahwa tidak semua orang yang meratapi kesedihannya hingga maut menjemputnya. Pasti lebih banyak orang ynag bangkit dari rasa sedih daripada yang terpuruk. Buktinya, lebih banyak orang bisa bertahan hidup daripada mati karena penderitaannya.

memahami dan mengatasi rasa sedih.jpg

Berikut ini merupakan cara-cara untuk memahami dan mengatasi rasa sedih yang dirasakan.

1. Ungkapkan Kesedihan

Ketika rasa sakit datang, Anda akan dihinggapi berbagai perasaan tidak karuan, seperti sedih dan kaget. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan kegundahan tersebut adalah mengungkapkan kesedihan dengan cara positif dan tidak merugikan. Misalnya, menangis atau menulis di blog. Air mata memang tidak bisa memperbaiki keadaan. Namun, emosi yang tengah berkecamuk tidak tertahan hingga membuat Anda semakin sakit.

2. Curhat

Curhat atau berbagi cerita pada orang lain memang sering dianggap remeh. Namun, hal ini terbukti sangat ampuh untuk meringankan beban. Pastikanlah orang yang Anda pilih untuk mencurahkan perasaan tersebut bisa dipercaya. Dengan demikian, teman atau sahabat yang menjadi media curhat akan membantu Anda berpikir jernih.

3. Melakukan Hal Menyenangkan

Setiap orang pasti memiliki hobi, misalnya belanja, berkaraoke, atau berolah raga. Ketika dilanda kesedihan, arahkanlah diri dan pikiran Anda untuk melakukan hal-hal menyenangkan untuk mengalihkan situasi. Intinya, buatlah pikiran Anda bekerja pada hal yang menyenangkan.

4. Lihatlah ke Bawah

Ketika kesedihan menimpa Anda, jangan lekas berputus asa. Tengoklah orang-orang yang ada di “bawah”. Nasib mereka, bahkan, lebih menyedihkan daripada Anda. Untuk merealisasikan hal ini, Anda bisa mengunjungi panti asuhan atau panti jompo. Lihatlah mereka dengan hati nurani. Maka, Anda pun akan berpikir bahwa hidup yang tengah dijalani lebih beruntung dibanding mereka.

5. Fokus pada Hal yang Tengah Dihadapi

Untuk menyembuhkan kesedihan, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengingat serta memikirkan beban-beban yang terjadi di masa lalu dan akan terjadi di masa depan. Fokuskanlah pikiran Anda hanya pada hal yang tengah di hadapi saat itu. Dengan demikian, fokus Anda akan beralih sehingga mampu melupakan kesedihan.

6. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Tuhan adalah satu-satunya tempat manusia berasal dan kembali. Oleh sebab itu, mengungkapkan kesedihan pada Tuhan adalah cara yang paling aman. Berdoalah pada-Nya dan mintalah untuk menyembuhkan hati Anda. Percayalah, Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kesanggupan makhluknya.

Itulah beberapa tips Liputan Informasi yang bisa Anda praktikkan ketika menghadapi suasana hati tidak menguntungkan. Janganlah terlalu mendalami kesedihan yang telah dihadapi. Percayalah bahwa setiap kesedihan atau penderitaan yang diberikan pada Anda merupakan cara Tuhan untuk melengkapi puzzle dalam hidup.

Memahami Dan Mengatasi Rasa Sedih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *