Minggu, 31 Maret 2013

Mengenal Beberapa Unsur Puisi

Sebelum kita mengenal beberapa unsur puisi, kita bahas dulu apa pengertia dari puisi itu sendiri. Puisi adalah karya sastra yang dibangun dengan titik tekan nilai estetika dan pesan yang hendak disampaikan oleh si penyair. Meskipun ada sebagian orang yang menafikan keberadaan pesan di dalam sebuah karya sastra, namun hal terpenting dalam menulis puisi yang nantinya akan berguna bagi pembaca sebenarnya yang paling penting adalah manfaat yang ia dapatkan setelah membaca karya sastra tersebut. Jadi tak hanya sebatas nuansa keindahan estetika sebuah karya sastra semata. Sedangkan puisi sebagai alat dimaksudkan ke arah pengertian ideologi sastra itu sendiri. Puisi bisa dijadikan alat untuk melakukan apa saja oleh si penulisnya.

Unsur-unsur puisi.jpg

Berikut unsur-unsur puisi yang merangkai keindahan sebuah karya sastra puisi tersebut:

Diksi

Merupakan pilihan kata yang membangun rangkaian metafor. Pilihan kata yang baik merupakan pilihan kata yang menopang kekuatan kata sebelumnya. Kata-kata yang segar, baru dan unik akan semakin memperindah sebuah diksi.

Metafor

Merupakan bentuk perumpamaan yang disajikan dalam melukiskan suatu maksud dalam puisi. Misalnya seseorang yang ingin mengibaratkan usia seseorang yang tidak kekal, ia memilih daun sebagai metafor kefanaan. Daun pada mulanya kuncup, hijau, kuning, tua dan mati. Seperti itu jugalah usia dari manusia.

Citraan

Bisa bersifat rabaan, pendengaran, penglihatan dan sebagainya.

Tipografi

Merupakan bentuk sajian bait perbait dari sebuah puisi. Apakah ditulis lurus, zigzag, membentuk prosa dan sebagainya.

Puisi sebagai salah satu bentuk karya sastra memiliki dua fungsi yakni sebagai karya sastra itu sendiri dan juga sebagai cara atau alat bagi siapa yang memegang puisi tersebut.

Lantas bagaimana dengan seorang yang sedang dilanda jatuh cinta? Bagi orang yang sedang dimabuk asmara, seperti yang termuat melalui lintas informasi, puisi tentu saja menjadi alat yang ia gunakan untuk memperindah nuansa asmara yang sedang dijalaninya.

Mengenal Beberapa Unsur Puisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *