Minggu, 21 April 2013

Mengenal Jenis Kucing

Macam Jenis Kucing.jpg
kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak ditemukan dan mudah dicari di setiap wilayah. Hampir di setiap daerah dapat ditemukan dengan berbagai jenis kucing. Jenis-jenis kucing ini terus bertambah dari waktu ke waktu dan menjadi sebuah kelompok kucing dengan karekter tersendiri. Berikut liputan informasi tentang jenis-jenis kucing yang dapat Anda jadikan referensi jika Anda berencana memelihara kucing.

Kira-kira, macam jenis kucing apa saja ya yang paling populer di dunia? berikuta adalah daftar jenis kucing yang paling populer dan digemari manusia di dunia.

Jenis Kucing - Kucing Persia

Bagi penggemar kucing, siapa yang tidak tahu dengan jenis kucing yang menggemaskan ini. Kucing Persia diakui oleh sebuah klub penggemar kucing internasional sebagai kucing yang paling populer. Kucing ini termasuk salah satu jenis kucing yang paling indah dan mewah.

Bulu tubuhnya yang halus, panjang, dan agak mengkilap, serta wajah yang bulat dan mata yang besar mampu membuat para cat lovers jatuh cinta. Selain itu, ciri lain dari kucing ini adalah memiliki telinga yang berujung bulat dengan bagian dasar yang melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan.

Menurut sejarahnya, kucing ini termasuk yang paling tua. Nama “Persia” diperoleh berdasarkan tempat asalnya, Persia, yang kini disebut Iran. Pada 1500-an, Kucing Persia baru diperkenalkan ke Eropa dan Roma. Orang-orang Eropa ini amat terkesan dengan bulu yang dimiliki kucing Persia. Baru pada 1900, kucing Persia mulai disebarkan ke Amerika hingga ke seluruh dunia.

Kucing Persia ini dianggap paling ideal untuk menjadi peliharaan. Hal ini dilihat dari karakternya yang bersahabat dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Meski cenderung diam, namun kucing ini pun senang bermain dan amat suka disayang. Bagi yang berniat memiliki kucing ini, siapkan diri Anda untuk merogoh kocek lumayan dalam dari saku Anda.

Jenis Kucing - Maine Coon

Ini dia si kucing besar berbulu panjang yang mampu memikat setiap pecinta kucing ketika melihatnya. Asal-usul jenis kucing ini belum dapat dipastikan. Namun, beberapa artikel menyebut bahwa kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Maine coon memiliki bulu panjang dan tebal yang menyelimuti badannya. Inilah yang membuat Maine Coon sanggup bertahan dalam kondisi udara yang sangat dingin.

Selain badannya yang besar, Maine Coon juga memiliki mata dan telinga yang besar. Mereka memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat peka. Perihal kepribadian mereka, tidak perlu dikhawatirkan karena kucing ini sangat ramah dan setia pada pemiliknya.
Jenis Kucing - Kucing Siamese

Kucing Siamese dianggap sebagai kucing yang cantik dan anggun. Jenis kucing ini memiliki bentuk tubuh yang panjang, langsing, dan berotot. Kepalanya sangat kecil jika dibandingkan dengan kucing Persia dan bentuknya menyerupai segitiga. Kucing siam memiliki moncong yang mancung dan telinga yang lebar. Si mata biru ini memiliki bulu yang pendek namun sangat halus.

Kucing Siamese memiliki warna yang khas dan mudah dibedakan darijenis kucing lainnya. Si kucing yang tampak anggun ini ternyata sangat hiperaktif dan suka menjadi pusat perhatian. Mereka senang diperhatikan dan dimanja. Mereka sangat setia dan dekat dengan satu orang. Mereka sangat cerdas dan penuh kasih.

Jenis Kucing - Ragdoll

Siapa pun pasti berdecak melihat keindahan yang dimiliki jenis kucing Ragdoll. Selain tubuhnya yang besar dan montok, kucing ini memiliki warna yang lembut dan indah. Ia memiliki warna cantik dengan variasi putih, seperti cokelat dan abu-abu. Kucing ini juga dianugerahi mata yang besar dan bulat serta berwarna biru yang mengagumkan.

Ragdoll sangat jinak, lembut, tenang, dan penuh kasih sayang. Kucing ini termasuk dalam kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Selain itu, Ragdoll dinobatkan sebagai kucing peliharaan terbesar di dunia. Keistimewaannya inilah yang membuat ia menjadi salah satu kucing paling populer di dunia.

Jenis Kucing - Kucing Bengal

Jenis kucing yang populer dan eksotik adalah kucing bengal. Si kucing eksotik ini sedang naik daun. Akhir-akhir ini, kucing Bengal memang banyak dicari orang. Kucing Bengal ini tercatat sebagai jenis kucing termahal dalam Guinness Record.

Satu ekor kucing Bengal bisa bernilai hingga 15 juta rupiah, bahkan bisa lebih. Hal ini membuatnya jadi kucing paling prestisius untuk dipelihara. Kucing Bengal memiliki variasi warna yang cantik, di antaranya brown-black spotted, brown-black marbled, snow-spotted,dan snow-marbled.

Nama “Bengal” diambil dari nama Latin untuk jenis kucing Leopard Asia, yaitu Feline Bengalensis. Hal ini karena Bengal merupakan keturunan dari kucing Leopard Asia yang disilangkan dengan kucing domestik.

Persilangan ini dilakukan dengan maksud untuk memperoleh kucing hutan yang berkarakter baik dan penurut, sehingga dapat dipelihara sebagai teman bermain di rumah. Kucing Bengal sewaktu-waktu bisa menjadi nakal dan membuat kegaduhan. Mereka sangat aktif dan senang bermain.
Jenis Kucing - American Curl

Salah satu jenis kucing yang cukup populer di kalangan pecinta kucing adalah kucing jenis American Curl. Pada pandangan pertama, jenis kucing ini mungkin terlihat seperti kucing biasa. Akan tetapi, jenis kucing American Curl ini memiliki keunikan, yaitu cuping telinganya melengkung ke belakang dan ke bawah. Jenis kucing American Curl ini dikembangbiakkan mulai 1980-an.

Jenis Kucing - Scottish Fold

Salah satu jenis kucing yang cukup populer di kalangan pecinta kucing adalah Scottish Fold. Kucing jenis ini memiliki keunikkan pada telinganya. Telinga kucing jenis ini bentuknya menunduk atau tidak berdiri. Bentuk kuping inilah yang membedakan jenis kucing Scottish Fold dengan jenis kucing lainnya.

Kucing jenis Scottish Fold ini termasuk jenis kucing yang paling manis. Hal ini ditunjukkan dengan telinga yang menunduk dan kecil yang membuat jenis kucing ini terlihat seperti anak kucing seumur hidupnya.

Jenis Kucing - Ocicats

Jenis kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara Abyssinians, Siam, dan domestik secara bersamaan. Jenis kucing ocicats memiliki ciri-ciri bintik putih pada bulu-bulunya.

Jenis Kucing - Norwegian Forest Cat

Jenis kucing Norwegian Forest ini memiliki bulu yang sangat panjang. Bulu yang lebat dan panjang tersebut berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin di Norwegia. Konon, menurut sejarah, jenis kucing ini menemani Viking saat berlayar menjelajahi dunia.

Kucing jenis Norwegian Forest ini sangat loyal dan setia kepada majikannya. Kucing jenis ini pun termasuk kucing yang dapat berburu dengan baik.

Demikian info mengenai beberapa jenis kucing yang paling populer. Anda tertarik untuk memelihara salah satu jenis kucing tersebut?

Mengenal Jenis Kucing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *