Selasa, 16 April 2013

Model Rumah dan Ramah Lingkungan

Model rumah berkonsep terbuka dengan banyak tanaman baik berbuah maupun berbunga atau sekadar berdaun saja, tentu sangat indah dan membuat atmosfer model rumah menjadi sejuk dan nyaman serta ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan, siklus udara terus berganti dan kualitasnya terjaga dengan bantuan aneka tanaman di sekelilingnya. Dengan model rumah seperti ini, penghematan di segala skala rumah tangga dapat dilakukan.

Selain lingkungan yang hijau, untuk negeri kita yang beriklim tropis, model rumah tropis hemat energi akan sangat menguntungkan. Karena fakta berbicara, bahwasanya model rumah yang boros energi berasal dari kesalahan desain arsitekturnya. Sebuah model rumah dengan desain yang mempertimbangkan kondisi iklim, sinar matahari yang masuk dan gerakan udara untuk kenyamanan penghuninya beraktivitas merupakan salah satu langkah awal peduli terhadap lingkungan. Konsumsi listrik sendiri pada model rumah pada umunya memberikan sumbangan kenaikan emisi CO2 sebesar 20%.

contoh model rumah tampak depan.jpg

Pendingin udara atau AC merupakan urutan pertama yang memakai konsumsi listrik terbesar, disusul komputer, penanak nasi elektronik, mesin cuci, pompa air elektrik, lampu-lampu, kipas angin, lemari es, televisi, radio atau Hi Fi. Sedangkan pada gedung-gedung yang merupakan sarana publik, pendingin udara atau AC tetap menempati urutan pertama, kemudian, lampu-lampu, kipas angin, lift, mesin fotocopy, komputer, printer dan scanner, dan perlengkapan lain-lain.

Ide serta konsep model rumah hijau lewat liputan informasi sebenarnya sudah lazim dilakukan di Negara-negara Eropa dan Asia seperti Jerman dan Jepang guna memperbaiki kualitas lingkungan terutama di daerah perkotaan serta menurunkan suhu yang kian panas. Selain itu, manfaat yang didapat dari model rumah hijau adalah mendinginkan suhu udara, sebagai sarana melepas penat dan stress setelah bekerja, sekaligus sebagai tempat bermain anak yang nyaman dan aman.

model rumah.jpg

Saat ini lahan terbuka hijau di perkotaan semakin menyempit, sementara rapid industrydalam bentuk perumahan dan pusat perbelanjaan terus dilakukan. Fokus utama pembangunan model rumah hijau adalah desain yang memanfaatkan kondisi alam sebagai satu kesatuan yang membentuk model rumah itu. Yang wajib diperhitungkan adalah rencana desain seperti produk, material, metode konstruksi yang akan menjadikan rumah lebih hijau, sehat, hemat energi disertai biaya pemeliharaan yang rendah dan biaya pembangunan pun dapat ditekan.

Desain awal yang memperhitungkan lokasi model rumah, bahan yang digunakan, pengadaan ventilasi untuk sirkulasi udara dan faktor pencahayaan akan sangat membantu. Hal ini berarti mempertimbangkan angle jatuhnya sinar matahari ke dalam rumah serta siklus perputaran angin yang berguna sebagai pendingin dan pemanas rumah secara alami. Inilah awal konsep model rumah dan ramah lingkungan.

Model Rumah dan Ramah Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *