Selasa, 16 April 2013

Perencanaan Membangun Rumah Idaman Anda

Berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam membangun sebuah model rumah idaman Anda sesuai dengan yang kita harapkan untuk kenyaman kelauarga didalamnya. Dalam hal membangun sebuah rumah idaman sendiri merupakan tantangan yang cukup besar, baik dalam perencanaan maupun biaya. Tapi jika Anda mempunyai kemampuan sarana dan bayangan tentang model rumah idaman untuk dimiliki, maka proses ini bisa sangat menyenangkan. Berikut ini adalah petunjuk-petunjuk membangun rumah impian.

contoh model rumah idaman.jpg

Cari Tempat yang Ideal

Sebelum Anda dapat merencanakan struktur model rumah sendiri, Anda perlu mencari lokasi yang sesuai. Anda perlu merencanakan desain di sekitar lanskap. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggabungkan bangunan dan lokasi ke dalam satu paket tunggal yang indah.Selain estetika keindahan bentang alam, Anda perlu mengamati lokasi bangunan lain di dekatnya. Apakah ada suatu bangunan yang kiranya akan mengganggu atau tidak.

Jalan menuju lokasi juga perlu diperhatikan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menuju ke sana? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pergi bekerja atau lokasi penting lainnya? Hal-hal tersebut perlu dipertimbangkan Tidak ada rumah yang sempurna atau selamanya sempurna. Setiap orang atau keluarga hidup dengan gayanya yang berubah. Bila rumah sudah jadi, mungkin suatu saat Anda akan menemukan gairah baru untuk kembali mengeksplorasi model rumah impian Anda. Anda tumbuh dan bergerak, demikian juga keadaaan atau situasi lingkungan.

Tentukan Berapa Banyak Ruang yang Dibutuhkan

Walaupun mungkin penentuan tersebut akan sedikit dibatasi oleh lokasi yang telah Anda pilih, tetapi setiap jenis model rumah impian akan membutuhkan sejumlah ruang dan fasilitasnya. Tentukan berapa banyak orang akan tinggal di rumah tersebut. Masing-masing dari mereka mungkin akan membutuhkan kamar tidur dan kamar mandi pribadi.

Jumlah penghuni juga akan menentukan ukuran area dapur dan ruang makan. Sesuaikanlah itu. Anda juga harus merencanakan ruang tambahan seperti balkon atau teras. Ukuran garasi dan jalan masuk juga harus disesuaikan berdasarkan jumlah mobil yang Anda memiliki.

Selain itu, apakah rumah perlu diberi fasilitas kolam renang atau tidak. Tentukan sedetail mungkin tentang apa saja yang Anda inginkan untuk model rumah idaman Anda. Hal tersebut akan membuat langkah-langkah berikutnya menjadi lebih mudah.

Konsultasikan dengan Ahli

Beberapa orang mungkin mempunyai keahlian yang hebat untuk merencanakan dan membangun model rumah impian mereka sendiri. Tetapi lebih dari 99% dari kita akan membutuhkan saran dari seorang profesional. Pertama yang perlu ada temui adalah seorang arsitek. Mintalah mereka untuk membuat desain khusus untuk rumah Anda. Meminta dasain dari beberapa arsitek juga diperlukan sebagai perbandingan.

Setelah itu, temuilah seorang kontraktor yang akan menangani pembangunan rumah Anda. Dekorator interior dapat membantu merencanakan dekorasi rumah setelah konstruksi dasar selesai. Tukang kebun profesional dapat disewa untuk menyusun bagian eksterior. Semua layanan tersebut harus dinegosiasikan dan diselesaikan sebelum konstruksi dimulai.

Aturan pendirian bangunan daerah setempat harus ditaati ketika membangun rumah impian Anda. Daerah setempat mungkin melarang bangunan dengan ukuran tertentu atau jenis tertentu. Anda harus taati ketentuan tersebut sebelum Anda mulai membangun. Bicaralah dengan otoritas sipil lokal tentang apa saja yang mereka syaratkan dari Anda.

Tips dan Peringatan

Melalui liputan informasi maslah bangun rumah, untuk memilih lokasi untuk rumah impian, Anda mungkin perlu melakukannya beberapa kali untuk tempat yang sama dalam waktu yang berbeda. Lokasi yang terlihat indah selama jam ‘sihir’ mungkin tampak sederhana dan biasa saja pada jam sibuk atau tengah hari.
Anda perlu mempunyai dana cadangan. Anggaran yang rinci memang penting, tapi kemungkinan budget naik di tengah pengerjaan sangatlah niscaya. Anda harus selalu tahu berapa banyak biaya yang telah dihabiskan dan berapa banyak biaya lagi yang masih diperlukan untuk menyelesaikan semuanya.

Mendesain Rumah Minimalis Idaman

Ketka dihadapkan dengan luas tanah yang yang tidak luas kita sering kesulitan dalam mengatur tata ruang dan desain dari rumah yang akan kita buat. Tentunya kita ingin rumah kita walaupun kecil tapi terlihat nyaman dan sesuai dengan desain idaman yang diinginkan ada beberpa hal yang bisa dijadikan acuan untuk membuat rumah idaman dengan desain minimalis yaitu antara lain:

Rumah yang kita buat haruslah mempunyai sistem ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, ventilasi kita sesuaikan dengan rancangan yang ada dan tidak menganggu kesan natural pada desain yang kita buat. Untuk ventilasi bisa kita desain dengan berbagai macam gaya yang sesuai dengan karakter dari rancangan desain rumah yang ada.

Buatlah jendela yang menghadap pada sinar matahari dan usahakan sinar matahari itu bisa masuk kedalam rumah. Dengan desain yang baik dan sesuai konsep penataan ruang, sinar matahari setidaknya bisa menghemat listrik yang ada karena kita tidak perlu mengunakan lampu listrik ketika siang hari. Selain itu sinar matahari yang masuk kedalam rumah akan membuat penghuni didalamnya menjadi lebih sehat apalagi terkena sianr matahari dipagi hari. Jendela bisa kita pasang kaca dari berbagai bahan yang penting bisa tembus pandang dan sinarnya bisa masuk kedalam rumah.

Buatlah desain ruang yang nyaman dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang menghuninya. Desain yang sederhana dan tidak mengenyampingkan keindahan yang ada, harus sesuai dengan kebutuhan voume aktifitas dalam keluarga sehari-hari. Ruang yang ada didalam rumah diusahakan selapang mungkin terutama ruang keluarga dan ruang makan, jangan terlalu banyak dinding yang akan membuat keadaan rumah terlihat sempit. Kalu bisa antara ruang tamu dan ruang keluarga jangan dipasang dinding yang bersifat permanen. Kenapa dibuat seperti itu supaya kalau ada acara yang memerlukan ruang yang luas dinding yang tidak permanen bsia kita bongkar pasang saat dibutuhkan.

Untuk rumah yang sehat kita usahakan membuat desain untuk ruang eksterior yang naturalis. Dengan menyediakan ruang itu kita buat untuk membuat taman didalam rumaha yang gunanya sebagai paru-paru udara dalam rumah, selain itu bisa digunakan sebagai ruang untuk relaksasi dan refreshing. Tidak perlu memerlukan ruang yang luas, walau kecil asal ditata dengan baik bisa memberikan kesan indah bagi yang melihatnya.

Untuk yang mempunyai keuangan yang lebih dan mempunyai rumah bertingkat tidak ada salahnya untuk membuat taman diatap rumah. Dengan taman itu kita bisa jadikan tempat untuk kumpul keluarga di pagi hari untuk menikmati matahari terbit atau sore hari sepulang kerja untuk menikmati matahari terbenam sambil sambil minum the dan sebagainya. Bisa juga sebagai tempat kumpul sengan teman selain dengan keluarga dimalam hari sambil minum kopi, sungguh kenikmatan tiada duanya.

Membuat ruang tertentu bagai anggota keluarga untuk betah dirumaha. Seperti membuat ruang baca untuk perpustakaan pribadi bagi anggota keluarga yang suka membaca, dan membuat ruang kerja untuk kita yang memerlukan kerja lembur dirumah atau untuk mengerjakan berbagai kegiatan yang sehubungan dengan urusan kantor. Ini merupakan nilai plus bagi pemilk rumah dengan adanya beberapa ruang yang berguna untuk melakukan aktifitas didalm rumah.

Jangan lupa sediakan ruang untuk melakukan olahraga, walaupun minim tempatnya yang penting bisa menunjang aktifitas olahraga ringan untuk sehari-hari. Cukup ruang 3X3 yang di isi dengan alat olahraga ringan seperti alat untuk berlari, alat bersepeda dan lainnya. Untuk ruang olahraga jangan lupa diberi jendela yang besar menghadap kehalaman sehingga memberikan kesan serasa di luar rumah.

Perencanaan Membangun Rumah Idaman Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *