Kamis, 09 Mei 2013

Merawat Bagian Muka Berdasarkan Jenis Kulit

Merawat muka merupakan hal yang diperlukan oleh kulit bagian muka itu sendiri. Betapa tidak, seharian kita beraktivitas sudah tentu kulit muka kita penuh dengan debu. Belum lagi, keringat dan minyak yang berasal dari muka kita sendiri. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak, mencuci muka menjadi prioritas utama sebab mereka enggan jika bagian muka terlihat mengkilat dalam suasana apapun. Cara yang paling mudah merawat kulit bagian muka kita yaitu membersihkannya, minimal saat kita mandi. Setidaknya, minyak dan kotoran lain yang menempel pada muka tersapu bersih.

Tips perawatan muka.jpg

Jika sudah mengetahui mengenai perawatan wajah dari beberapa jenis kulit, maka akan lebih mudah dalam melakukan dan menjalankan tips untuk merawat bagian muka dengan cara yang baik dan benar. Bagi mereka yang menganggap muka sebagai hal penting yang harus selalu dijaga dan dirawat,Terlebih, bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik dan mempesona di hadapan pria. Merawat muka menjadi rutinitas yang tidak boleh dilewati. Berikut ini adalah tips merawat Bagian Muka yang bisa Anda lakukan yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Tips Merawat Muka secara Umum

Selain cara yang paling mudah tadi, ada beberapa tips merawat muka agar tetap sehat dan segar. Merawat muka tidaklah susah dan mahal. Berikut beberapa tips merawat muka.

Bersihkan dengan sabun muka saat pagi dan sore hari.

Lakukan pijat muka agar muka menjadi rileks, pijat muka dilakukan di area kening, sekitar mata, pipi, dagu, dan leher.

Lakukan pealing agar sel kulit mati muka dapat terangkat sehingga pertumbuhan sel kulit baru muka bisa lebih optimal.

Lakukan maskeran minimal seminggu sekali agar kulit muka menjadi bersih dan kencang.

Beri vitamin muka agar muka menjadi segar dan mendapat asupan gizi yang dapat merangsang pertumbuhan sel baru.

Kompres muka dengan es batu untuk mengecilkan pori-pori.

Lakukan senam muka agar kulit muka tidak kaku dan rileks. Senam muka dilakukan dengan mengerakkan seluruh otot muka meliputi hidung, mata, bibir, dan kening.

Jangan terlalu sering mencuci muka dengan sabun muka karena akan mengikis PH alami muka dan menjadikan kulit muka menjadi tipis.

Tips Merawat Muka – Jenis Kulit Normal

Yang dimaksud dengan kulit muka normal adalah kulit muka yang sehat, tidak berminyak tetapi juga tidak kering, dan tidak sensitif. Jenis kulit normal adalah yang paling mudah dirawat, karena relatif tidak rewel. Inilah beberapa tips merawat kulit wajah yang normal:

Meskipun kulit normal cenderung cocok dengan produk perawatan kulit wajah apa pun, bukan berarti Anda bebas bergonta-ganti produk perawatan kulit wajah. Kosmetik dan produk perawatan kulit wajah mengandung bahan kimia yang jika tidak digunakan secara tepat akan merusak dan mengiritasi kulit.

Rawat kulit wajah Anda dengan mengolesi masker wajah secara teratur. Anda bisa menggunakan produk masker wajah siap pakai untuk kulit normal atau membuat masker alami dari buah-buahan dan madu. Lakukan pemaskeran secara berkala, misalnya 1 minggu sekali, agar kulit wajah selalu sehat dan cemerlang.

Jangan malas mencuci muka, walaupun kulit normal relatif jarang bermasalah. Muka harus dicuci setiap pagi dan setiap hendak pergi tidur di malam hari.

Tips Merawat Muka – Jenis Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak identik dengan jerawat. Ya, jerawat memang kerap kali menjadi keluhan mereka yang kulit wajahnya berminyak. Kulit berminyak terlihat mengilap dan biasanya ‘dihiasi’ jerawat di seluruh wajah. Sebagian orang memiliki kulit berminyak di seluruh permukaan wajah dan sebagian lagi hanya memiliki kulit berminyak di daerah ‘T’ alias dahi, hidung, dan dagu.

Inilah beberapa tips merawat muka dengan jenis kulit berminyak:

Gunakan produk kosmetik dan produk perawatan wajah untuk kulit berminyak. Produk kosmetik dan perawatan seperti ini biasanya bebas minyak dan berbahan dasar air, sehingga tidak menambah kadar minyak di permukaan kulit wajah Anda.

Rawat kulit dengan mengolesi masker wajah. Untuk kulit berminyak, kandungan bahan kimia yang ada dalam produk masker siap pakai belum tentu cocok dan bisa menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan masker alami buatan sendiri dari buah-buahan, madu, serta teh hijau. Gunakan secara teratur agar kulit wajah selalu bersih dan sehat.

Jangan malas mencuci muka. 1 kali saja Anda malas, 1 jerawat bisa langsung muncul keesokan paginya. Wajah yang kotor dengan debu, sisa kosmetik, dan minyak dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan munculnya kuman penyebab jerawat. Cuci muka minimal 2 kali sehari dengan sabun muka khusus untuk kulit berminyak.

Jaga asupan makanan Anda. Minyak di wajah dapat meningkat jika Anda terus menerus mengonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan. Selain tidak sehat bagi tubuh, makanan berminyak juga tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Tips Merawat Muka – Jenis Kulit Kering

Kulit kering mudah kusam dan keriput. Itulah permasalahan terbesarnya. Produksi minyak pada wajah yang kering sangat minim, sehingga wajah kurang lembab dan kaku. Untuk merawatnya, ikuti tips berikut ini.

Bersihkan wajah dengan air. Jika ingin menggunakan sabun muka, pilih yang khusus untuk kulit kering; hindari yang mengandung deterjen dan scrub. Kedua hal tersebut akan membuat kulit wajah semakin kering dan kusam, bahkan teriritasi. Jangan gosok wajah terlalu keras saat mencuci muka.

Saat mengeringkan wajah, gunakan handuk yang lembut. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok-gosok.

Selalu gunakan pelembab wajah untuk kulit kering. Selain menghindari wajah agar tidak kusam, pelembab wajah berfungsi untuk menjaga wajah tetap lembab dan tidak kaku. Jika perlu, ulangi pemakaian pelembab sebanyak 2 - 3 kali dalam sehari. Saat mengoleskan pelembab, wajah harus dalam keadaan bersih.

Rawat kulit wajah dengan mengolesi masker wajah secara berkala. Pilih masker yang meningkatkan kelembaban kulit, misalnya masker dengan vitamin E atau minyak zaitun. Pengolesan minyak zaitun saja pun cukup untuk melembabkan kulit dan dapat dilakukan setiap hari.

Jaga kelembaban kulit dengan banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan, dan sayuran segar; juga dengan menghindari stres.

Dari liputan informasi merawat bagian muka tersebut semoga bisa Anda praktikkan. Jika Anda merasa lelah, sumpek, dan merasa muka Anda sangat kucel, cukup basahi handuk dengan air hangat dan usapkan pada muka Anda. Muka akan mendapatkan efek rileks dan besok pagi Anda bisa bangun dengan kulit muka yang segar.

Namun, jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dengan kendaraan bermotor dan sering terkena debu, Anda bisa usapkan handuk basah ke muka. Debu, kotoran, dan minyak, akan terangkat oleh handuk basah tadi. Ingat, jangan terlalu sering mencuci muka dengan sabun muka.

Merawat Bagian Muka Berdasarkan Jenis Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

  1. Marina suka nih sama artikelnya..
    thanks ya udah share..
    yuk rawat kulit ^^

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas suportnya..
    salam kenal

    BalasHapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *