Kamis, 09 Mei 2013

Mengenai Perawatan Wajah

Sebelum melakukan beberapa cara untuk perawatan wajah, sebaiknya Anda tau terlebih dahulu jenis-jenis kulit. Ada empat jenis kulit yang biasa ditemukan pada wanita, yaitu kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Jenis kulit Anda ditentukan oleh seberapa banyak atau seberapa sedikit kulit memproduksi minyak, dan setiap jenis kulit memiliki cara perawatan wajah yang berbeda. Genetik, tingkat stres, pengaruh obat, bahkan kosmetik yang Anda pakai dapat memengaruhi produksi minyak di kulit Anda. Oleh karena itu, perawatan wajah sebaiknya didasarkan pada jenis kulit.

Ada cara untuk mengetes jenis kulit Anda. Basahi wajah, keringkan dengan lembut, kemudian tempelkan dan tekan kertas minyak atau kertas tisu pada beberapa titik di wajah Anda. Jika kulit Anda berminyak, kertas akan menempel menyerap minyak dan menjadi transparan. Jika kertas tidak menempel atau menyerap minyak, maka jenis kulit Anda termasuk kulit kering. Jika kertas menempel pada area T (dahi, hidung, dan dagu) maka kulit Anda termasuk jenis kulit kombinasi atau normal. Sekitar 70% wanita memiliki kulit kombinasi. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kulit wajah dan karakteristiknya:

Perawatan Kulit Wajah.jpg
Jenis kulit berminyak cenderung memiliki wajah mengkilap dengan pori-pori besar dan rentan terdapat komedo serta memicu faktor penyebab tumbunya jerawat.

Jenis kulit kombinasi-normal memiliki pori-pori sedang dengan tekstur kulit lembut, sirkulasi dan warna kulit yang bagus, serta cenderung kering pada bagian pipi, namun berminyak pada daerah T.
Jenis kulit sensitif biasanya kulitnya tipis dengan pori-pori kecil. Kulit sensitif mudah berubah kemerahan jika terkena sinar matahari dan rentan terhadap alergi dan ruam.

Jenis kulit kering biasanya merasa ketat pada wajahnya, terutama setelah membersihkan wajah. Pemilik jenis kulit ini cenderung cepat keriput, pecah-pecah, dan kusam akibat penumpukan sel-sel kulit mati.

Langkah-langkah Perawatan Wajah

Setelah mengetahui jenis kulit wajah, Anda dapat memulai perawatan wajah dengan memilih produk yang sesuai untuk kulit Anda. Produk-produk perawatan wajah biasanya sudah dikhususkan berdasarkan jenis kulit. Berbekal produk perawatan wajah yang sesuai, Anda sebaiknya mengetahui langkah-langkah perawatan wajah., sebagai berikut.

1. Pembersihan

Anda harus menemukan pembersih yang sesuai dengan kulit Anda, dalam arti membersihkan dan tidak menimbulkan masalah pada kulit. Jika Anda sudah cocok dengan produk tertentu, teruskan menggunakan produk tersebut dalam perawatan wajah. Hindari sabun batangan untuk membersihkan wajah karena sabun jenis ini dapat mengakibatkan kulit kering. Sebaiknya sabun batangan hanya digunakan untuk membersihkan tubuh bagian leher ke bawah. Supaya perawatan wajah maksimal, pilih pembersih dengan krim bila Anda memiliki jenis kulit kering atau pembersih bebas minyak apabila jenis kulit Anda berminyak.

Perhatikan agar Anda tidak terlalu sering membersihkan wajah. Perawatan wajah pada malam hari adalah hal wajib. Bersihkan wajah Anda setiap malam sebelum tidur. Akan lebih baik bila Anda menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori yang kemudian dapat menarik kotoran dan debu ke luar sehingga perawatan wajah lebih efektif. Jika Anda terbiasa menggunakan make up, gunakan pembersih wajah khusus make up terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan wajah dengan sabun pembersih.

Pada pagi hari, basuh wajah dengan air hangat. Perawatan wajah cara ini bagus untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang berasal dari pelembap malam. Jangan pernah membasuh wajah dengan air panas karena kapiler di dalam kulit bisa rusak. Hindari juga perawatan wajah secara berlebihan karena akan mengikis cadangan minyak alami pada kulit wajah Anda.

2. Pengangkatan Sel Kulit Mati

Mengangkat sel kulit mati merupakan hal yang wajib dilakukan dalam perawatan wajah. Namun, wanita sering kali melewatkan langkah perawatan wajah yang satu ini. Setidaknya, lakukan pengangkatan sel kulit mati sekali seminggu. Jika Anda rutin melakukannya, Anda akan melihat bahwa langkah ini memberikan perbedaan besar pada wajah Anda. Kulit wajah pria biasanya tampak lebih muda daripada wanita karena pria tanpa sadar telah melakukan pengangkatan sel kulit mati setiap kali mereka bercukur.

Ada beberapa cara perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit mati, yaitu mikrodermabrasi, pengelupasan kimiwai, dan retinoid. Scrub bekerja dengan cara menghilangkan lapisan kulit teratas yang berisi sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit Anda tampak kusam. Rutin menggunakan scrub dalam perawatan wajah sekali seminggu dapat membuat wajah Anda selalu berseri. Hati-hati dalam memilih pembersih yang mengandung scrub. Butiran scrub yang terlalu besar dapat mengiritasi kulit.

Jika memiliki dana lebih, perawatan wajah dalam langkah ini yang patut Anda coba adalah pengelupasan kimiawi. Banyak produk-produk kategori ini yang dapat Anda pilih. Biasanya produk perawatan wajah ini dikombinasikan menjadi semacam masker yang dapat dikelupas setelah kering. Retinoid juga bekerja mengikis lapisan kulit teratas yang berisi sel-sel kulit mati sekaligus meregenerasi kolagen pda lapisan kulit. Kolagen merupakan semacam serat dalam kulit. Dengan bertambahnya usia, kolagen menjadi rapuh sehingga menimbulkan garis-garis dan kerutan halus serta pori-pori besar.

Nah, apakah setelah langkah perawatan wajah melalui pengangkatan sel-sel kulit mati Anda harus menggunakan toner? Sebagian menggunakannya, dan sebagian tidak. Toner berfungsi menghilangkan sisa-sisa minyak, make up dan kotoran. Namun, sebenarnya pembersih yang bagus sudah bisa melakukan hal ini. Jika kulit Anda merasa nyaman menggunakan toner, silakan lanjutkan. Bila tidak pun, toner bisa dihilangkan.

3. Melembapkan

Banyak wanita melewatkan perawatan wajah yang satu ini, terutama bila mereka memiliki jenis kulit berminyak. Apapun jenis kulit Anda, wajah memerlukan pelembap. Bahkan bila kulit wajah Anda berminyak, pelembap akan membuat kulit Anda lebih bagus lagi. Mengapa? Pelembap mengunci kelembapan di kulit Anda. Seberapa banyak Anda harus menggunakan pelembap? Tergantung kulit Anda. Jika kulit terasa kencang maka kulit memerlukan banyak pelembap.

Berhati-hatilah agar tidak berlebihan menggunakan pelempab dalam perawatan wajah karena dapat menyumbat pori-pori kulit. Bagaimana dengan krim mata? Perlukan perawatan wajah tersebut? Ahli kecantikan menyarankan penggunaan krim mata karena kulit di sekitar mata tidak memiliki jaringan lemak sehingga tipis dan rentan keriput. Krim mata diformulasikan untuk “menebalkan” dan melembabkan daerah ini.

4. Menggunakan Tabir Surya

Ahli kecantikan mengatakan bahwa tabir surya merupakan elemen penting dalam perawatan wajah. Penyebab tanda-tanda penuaan dini adalah sinar matahari. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menggunakan tabir surya untuk perawatan wajah, baik di dalam atau di luar ruangan, baik ketika cuaca mendung atau cuaca cerah.

Cara efektif menyiasati hal ini adalah membeli dua jenis pelembap. Satu pelembap untuk malam hari dan satu pelembap untuk siang hari (yang sekaligus mengandung tabir surya). Jangan menggunakan pelembap bertabir surya pada malam hari karena formula tabir surya tidak untuk digunakan selama 24 jam sehingga dapat merusak kulit.

Wajah adalah bagian tubuh yang sering menjadi fokus perhatikan orang. Oleh karena itu, dalam hal perawatan, wajah selalu menjadi yang utama. Untuk mencegah kulit dari masalah yang tidak diinginkan, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Berikut ini ada beberapa tips untuk perawatan wajah agar tetap bersih dan putih dan bisa dipraktikan di rumah:

Agar wajah Anda tetap terawat jangan lupa membersihkan muka sebelum tidur, agar muka Anda bersih dari kotoran dan kuman penyebab jerawat yang menempel.

Untuk membuat wajah bersih rajin-rajinlah memakai masker bengkoang dan masker ketimun dan campuran telur, gunakan seminggu sekali.

Lakukan scrub wajah minimal 2 minggu atau sebulan sekali yang kegunaannya untuk mengangkat sel-sel mati dan menghaluskan kulit.

Cobalah gunakan beberapa lembar daun sirih yang direndam dalam air panas dalam baskom lalu dekatkan dengan uap air pada wajah Anda, setelah beres, wajah Anda akan terasa segar.

Agar kulit Anda tidak kering gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kulit Anda.

Perbanyaklah minum air putih dan mengonsumsi vitamin E untuk kesehatan kulit Anda.

Perawatan Menggunakan Buah

Di samping tips cara perawatan wajah di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa tips perawatan wajah dengan buah-buahan sebagai bahan dasar perawatan agar tetap bersih dan putih sebagai berikut:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini dikenal sebagai penghilang bau amis, namun khasiat jeruk nipis ternyata juga banyak untuk kecantikan dan kesehatan. Jeruk nipis sanggup membuat pori-pori pada wajah mengecil dan menghilangkan lemak pada wajah yang berminyak.

2. Alpukat

Alpukat ini banyak manfaatnya untuk kecantikan. Terbukti dengan ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa alpukat memiliki banyak vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat memiliki vitamin A, C dan E, potasium, zat besi, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat yang terdapat di dalam alpukat ini berguna bagi kecantikan.

Manfaat dari alpukat sebagai pelembap diambil kulit dalamnya yang mengandung humuketan dan mampu menahan kelembapan kulit. Gosokan secara pelan-pelan pada sekitar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah dengan air dingin dan lakukan di malam hari sebelum Anda tidur, karena pada malam hari adalah waktu yang baik untuk kulit bekerja.

3. Masker dan Lulur

Penggunaan masker dan lulur ini adalah salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan menggunakan jenis tumbuhan dan sayuran. Dengan masker wajah, kulit akan terasa kencang dan licin. Masker ini dibuat dari produk tumbuhan yang bisa digunakan oleh remaja seperti ketimun, bengkuang, tomat dan wortel.

4. Masker Kentang

Masker kentang dapat melembutkan kulit dan memutihkan kulit agar kulit lebih kencang dan halus.

5. Masker Bengkoang

Masker ini dapat memutihkan dan menghilangkan hitam pigmentasi di kulit.

Cara Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

Tidak sedikit wanita yang mengeluh karena kulit wajahnya yang kusam, karena itu mereka mencari bagaimana cara perawatan wajah yang baik agar tampil menarik. Masalah kulit yang kusam memang bukan hal yang sepele apalagi jika seorang wanita ingin tampil cantik.

Bagi seorang wanita memiliki kulit kusam memang mengganggu penampilan dan hal ini akan membuat wanita merasa minder untuk bergaul dengan mereka yang memiliki kulit yang cerah. Jadi begitu pentingnya cara merawat wajah yang indah untuk seorang wanita.

Perawatan make up bagi kulit memang tidak sepenuhnya menjamin kulit kita tetap bersih. Yang harus kita pahami dalam perawatan wajah ini adalah bagaimana cara melakukan perawatan terhadap kulit dengan baik.

Untuk kulit yang kusam sangat mudah diatasa jika kita mengetahui penyebab kekusaman pada kulit kita. Penyebab dari kulit kusam ini adalah karena kekurangan vitamin esensial kulit, pengaruh sel-sel kulit yang mati, seperti merokok, alcohol, sirkulasi darah, paparan sinar matahari dan lain sebagainya.

Cara untuk mengatasi kulit kusam ini adalah dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit wajah setidaknya 2 minggu sekali untuk membersihkan sel-sel kulit yang mati yang membuat kulit tampak kusam, dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Pori-pori yang tersumbat akan memicu munculnya komedo dan jerawat. Cara ini merangsang kulit wajah yang memudahkan regenerasi sel-sel kulit yang baru.

Merawat Wajah dengan Ramuan Herbal

Cara lain untuk merawat kulit wajah dengan menggunakan ramuan herbal seperti:

1. Maskeran

Gunakan masker pencerah kulit sekali atau 2 kali dalam seminggu agar kulit wajah tampak cerah dan memperbaiki pigmen kulit yang mencegah munculnya kulit kusam. Ada juga beberapa masker alami yang bisa dipakai untuk mengembalikan kecerahan kulit, salah satunya adalah dengan masker apel hijau.

Buah apel hijau ini merupakan sumber vitamin A, B dan C yang bermanfaat untuk nutrisi kulit. Maka dari itu, gunakan masker apel yang bisa memutihkan kulit sekaligus menjadikan kulit wajah nampak cerah dan bersih.

Cara pembuatan apel ini dengan menghaluskan buah apel dan biji gandum dan dibuat menjadi pasta. Gunakan masker tersebut pada wajah selama 15 menit sebelum dicuci dengan air hangat.

Penggunaan masker lainnya bisa menggunakan madu dan yogurt kemudian bahan tersebut diblender hingga menjadi pasta halus. Tempelkan pasta tersebut ke wajah selama 30 menit lalu cuci dengan air hangat.

2. Pemijat Wajah

Pemijatan wajah sangat penting untuk sirkulasi darah dan mengencangkan jaringan pada otot-otot wajah yang berfungsi melancarkan sirkulasi darah, dan hal itu penting untuk kecerahan kulit. Jika memungkinkan luangkan waktu Anda untuk memijat wajah setiap hari agar mendapat hasil yang baik. Untuk melakukan pemijatan yang baik sebaiknya dilakukan pada malam hari.

3. Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih sangat baik untuk menjaga dari dehidrasi. Kulit yang kekurangan cairan akan membuat kulit tampak kusam dan tampak pucat, kulit lesu dan kurang bergairah yang membuat penampilan kurang menarik.

Cream Khusus untuk Kulit Kusam

Ada banyak sekali kosmetik yang bisa Anda pakai untuk mengatasi kulit kusam. Untuk pemakaian produk ini Anda harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik tersebut. Karena dengan pilihan yang benar dengan produk yang sudah terbukti dan berbahan herbal alami yang terbebas dari bahan kimia seperti merkuri, kesehatan kulit wajah Anda dapat tetap terjaga.

Apabila Anda ingin menggunakan produk pemutih untuk mengatasi kulit kusam, pakailah produk yang dipakai banyak orang yaitu cream special. Cream ini juga bisa membuat kulit menjadi alami dengan masalah kulit yang kusam. Apabila cream ini dipakai setiap hari, wajah akan terlihat segar, alami dan sehat.

Membiasakan wajah selalu bersih

Saat kita keluar dari rumah, debu dan kotoran di jalanan bisa menempel pada kulit kita. Jika tidak dibersihkan, bisa menimbulkan masalah seperti jerawat. Untuk menghindarinya, cucilah muka setiap pagi dan setelah beraktivitas, bila perlu bisa menggunakan sabun pencuci.

Lakukan perawatan

Lakukan perawatan sesuai kondisi kulit atau masalah yang sedang dialami kulit. Jangan memaksakan untuk menggunakan bahan atau produk yang tidak cocok dengan kulit kita.

Sedia selalu krim pelindung wajah

Saat hendak keluar di saat cuaca panas, siapkan selalu sun screen atau sun block agar terhindar dari radiasi ultraviolet yang bisa membuat kulit kita terbakar.

Rajin minum air putih dan buah-buahan segar.

Mengenai langkah dalam melakukan perawatan wajah memang diperlukan perawatan yang rutin agar wajah tampak bersih dan putih. Namun dari apa yang ternuat melalui liputan informasi untuk perawatan wajah ini memerlukan biaya yang tidak murah akan tetapi Anda bisa mendapatkan hasil wajah yang bersih melalui perawatan muka sendiri tanpa pergi ke salon dengan biaya mahal.

Mengenai Perawatan Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *