Minggu, 26 Mei 2013

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Dalam hal membeli Laptop tidak otomatis menjadikan anda pengguna komputer mobile yang efektif. Dengan semakin ketatnya kompetisi, banyak toko perlengkapan kantor dan toko elektronik yang menjual laptop dengan harga rendah dan sangat disayangkan bila Anda berminat untuk Langsung membayarnya tampa berpikir kalau ada yang perlu dipehatikan sebelum membeli jenis laptop yang di inginkan.

Paerlu diketahui bahwa pada bagian-bagian laptop yang sama seperti komputer, membuat fungsi laptop sama dengan komputer pada umumnya. Akan tetapi beberapa bagian laptop leptop mempunyai komponen pendukung yang tidak dimiliki komputer biasa. Komponen ini dibuat khusus untuk mengakomodasi sifat pada laptop yang portabel.

Selain memiliki ukuran yang kecil, bagian-bagian laptop ini juga hemat dalam pemakaian energi, serta lebih efisien. Hal ini pula yang membuat harga laptop lebih mahal dari komputer desktop, walaupun sekarang harganya turun akibat tingginya permintaan dari konsumen, namun akan lebih bijak jika kita perlu memperhatikan beberapa faktor pada perangkat laptop yang hendak dibeli :

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop.jpg
Faktor-Faktor yang Harus Dilihat

Sistem Operasi (OS)

Sebagian besar laptop yang dijual di toko perlengkapan kantor dan toko elektronik besar sudah diisi dengan sistem operasi Microsoft. Membeli PC yang dipasang Windows 7 Basic bukan merupakan persoalan, paling tidak ada awalnya. Dalam hal ini, malah terlihat menguntungkan. Mengapa anda harus membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu anda lakukan adalah menulis dokumen, mengolah spreadsheet, mengirim dan menerima e-mail, dan menggunakan internet?

Namun, versi bisnis menawarkan banyak fitur yang mungkin saja nanti dibutuhkan. Selain itu, migrasi dari lingkungan workgroup ke sistem client-server kadang diperumit dengan harus membeli lisensi (belum lagi waktu dan biaya yang berhubungan dengan upgrading setiap komputer user). Karena itu, pada saat membeli laptop, pastikan sudah ada sistem operasi yang akan memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda.

CPU

Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sering tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih komputer portabel, belilah model dengan CPU yangdisesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu lima sampai tujuh menit untuk masuk ke Windows, pemakaian baterai singkat, dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang anda gunakan.

CPU intel i3 mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang besar, chip ini juga menggunakan energi lebih sedikit (sehingga pemakaian baterai bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas lebih sedikit dibandingkan CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 GHz atau lebih tinggi) bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi untuk tiga atau empat tahun ke depan.

RAM

Banayk Laptop Windows Vista yang dipasarkan mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar itu memang lebih dari cukup untuk Linux, tetapi biasanya tidak cukup untuk menjalankan sistem Windows 7 secara lancar. Bagi pengguna yang ingin menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada laptop Windows 7, sebaiknya lengkapi laptop dengan RAM 2 GB. Meskipun sebagian besar pengguna tidak menganggap diri mereka sebagai power user, RAM 2 GB harus menjadi standar bagi pengguna yang ingin menjalankan beberapa aplikasi Office sambil surfing di internet da mengecek e-mail. Bagi anda yang ingin mengedit foto digital atau memainkangame pada sistem, Windows 7 juga harus upgrade ke RAM 2 GB.

Video Card

Performa grafis pada laptop dikenal buruk, terutama pada laptop dengan harga $400-an. Sistem operasi Windows 7 membutuhkan video card yang kuat untuk memaksimalkan fitur-fiturnya (mencakup Interface Aero yang butuh banyak resource, menu tembus pandang, dan teknologi flip 3D. Laptop untuk menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran tiga dimensi juga membutuhkan video card yang kuat. Demikian pula sistem gaming. Apapun sistem operasinya.

Pada waktu ingin membeli laptop, pilihlah model yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB. Jika anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video, atau games, Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB.

Port

Banyak pengguna yang beranggapan bahwa setiap laptop modern mempunyai banyak port USB, juga port VGA, DVI, serial, dan parallel. Mereka mungkin akan kecewa. Untuk menekan harga, pabrikan mengurangi jumlah port pada laptop. Laptop ekonomis sering hanya mempunyai sepasang port USB tanpa port serial, parallel, atau DVI dan hanya punya satu port VGA (jika port video memang ada). Pada waktu membeli laptop, lihat spesifikasi teknisnya dan pastikan port yang anda butuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, tidak selalu punya slot PC card. Jadi, ini juga faktor yang harus dipertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Layar

Pikirkan masak-masak kebutuhan monitor anda sebelum membeli laptop. Anda mungkin berpikir bahwa yang anda butuhkan adalah layar lebar 17 inci. Namun, akhirnya monitor ini terasa terlalu besar. Kenapa begitu? Pikirkanlah bagaimana nanti anda akan menggunakan laptop. Jika laptop akan sering dibawa bepergian, disimpan di tas pelindung, dibawa ke bandara, dimasukkan ke mesin pengawas barang, dibawa ke ruang pertemuan, dan ditenteng kemanapun anda pergi, akan sangat susah jika layarnya berukuran besar.

Model dengan layar 14 inci lebih mudah dibawa bepergian, dibawa ke dalam pesawat dan kedai kopi. Mereka juga jauh lebih ringan dan jika diperlukan, anda bisa memadukan dengan layar 17 inci di meja anda. Jika laptop anda hanya kadang-kadang saja dibawa keluar, layar yang lebih besar mungkin sesuai untuk anda. Namun, jika tidak, belilah model dengan layar 14 inci. Pastikan juga laptop tersebut mempunyai port yang dibutuhkan seperti poin yang disebutkan sebelumnya.

Wireless Terintegrasi

Sudah menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan sekarang ini sudah dipasangi kartu wireless (Wi-Fi) 802.11g. Namun, tentu saja itu bukan keharusan dan tidak semua model memilikinya. Pastikan laptop yang anda beli mempunyai teknologi Wi-Fi yang anda butuhkan. Baca spesifikasinya secara seksama untuk memastikan model yang anda beli menyediakan konektifitas wireless yang anda butuhkan dari laptop tersebut.

Bluetooth Terintegrasi

Dulu, teknologi bluetooth yang terintegrasi pada laptop merupakan barang mewah. Sebagian besar pengguna sekarang mengasosiasikan bluetooth dengan hands-free wireless yang digunakan pada telepon seluler. Namun, bluetooth juga semakin penting untuk menghubungkan perangkat handheld ke laptop. Dengan teknologi bluetooth, anda bisa menyinkronasi kontak, e-mail, kalender, dan daftar task ponsel ke laptop secara wireless. Teknologi bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan mouse wireless ke laptop.

Touch Pad

Hampir semua laptop dilengkapi dengan touch pad mouse dan tombol kliknya. Beberapa model ada yang dipasangi pointer (biasanya diantar tombol G dan H). Pointer ini sudah lama digunakan, mulai Toshiba model lama sampai ThinkPad. Mempunyai touch pad atau pointer yang canggih tidaklah penting. Pastikan saja anda memilih laptop yang mempunyai perangkat pointing yang anda suka. Beberapa model melakukan scrolling ketika dua jari digunakan. Ada juga yang melakukan scrolling ketika satu jari digunakan (seperti laptop Apple).

Laptop lain ada yang touch pad-nya mempunyai dua area terpisah, seperti yang terdapat pada Compaq Presario, untuk scrolling dan pointing. Cobalah model yang akan anda beli untuk memsatikan touch pad-nya nyaman. Meskipun anda berencana menggunakan mouse eksternal, karena ada kalanya mungkin anda lupa membawanya dan hanya touch pad yang anda miliki.

Pemakaian Baterai

Pemakaian baterai sangat penting, tetapi bukanlah penghalang. Pada waktu membeli laptop, jika satu baterai tidak menyediakan masa pakai yang dibutuhkan, anda bisa membeli baterai kedua. Namun, banyak pengguna yang tidak mau direpotkan degan membawa beberapa baterai. Biasanya, baterai laptop di-upgrade dari enam atau sembilan sel ke dua belas sel (jika ada). Baterai yang lebih besar bisa bertahan lebih lama dan ini merupakan faktor penting bagi mereka yang bepergian melalui udara.

Perlu diketahui bahwa sel baterai yang lebih besar sering membuat ukuran baterai lebih menonjol. Dengan kata lain, baterai bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimana pun juga, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalitas tidak ada harganya.

Demikian ulasan liputan informasi tentang barang elektornik khusunya Laptop seperti apa yang di bahas di atas bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca yang budiman.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *