Minggu, 26 Mei 2013

Jenis Laptop dan Spesifikasinya

Jenis laptop atau komputer jinjing didefiniskan sebagai komputer yang dapat dibawa ke mana-mana dengan ukuran yang relative kecil dan ringan. Berat sebuah laptop bergantung ukuran dan merek laptop tersebut. Sumber energy laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi baterai dan menyalakan laptop tersebut. Sebuah baterai laptop umumnya bisa bertahan hingga 6-8 jam, bergantung cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Selain itu, merek pun berpengaruh pada daya tahan baterai.

Terkadang, laptop disebut juga dengan notebook. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputerb desktop. Komponen yang ada di dalam sebuah laptop sama persis dengan komponen yang ada di dalam komputer desktop. Yang membedakannya hanya ukuran yang diperkecli sehingga menjadi lebih ringan, tahan panas, dan tentunya hemat daya listrik.

Laptop.jpg
Mayoritas laptop menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) yang berukuran antara 10 inci hingga 17 inci. Selain itu, keyboard atau papan ketik yang ada di laptop terkadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai pengganti mouse.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang dirancang secara khusus untuk mengakomodasi sifat laptop yang portable. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran kecil, sehingga hemat energy dan efisien. Laptop biasanya memiliki harga yang mahal bergantung merek dan spesifikasinya.

Jenis-jenis Laptop

1. Netbook

Salah satu jenis laptop adalah netbook. Netbook merujuk pada spesies komputer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. Sebuah netbook umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis komputer jinjing ini berukuran kecil, biasanya memiliki ukuran layar di bawah 12 inci dan berat kurang dari 1 kg.

Netbook mulai popular saat Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Saat itu, komputer dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpanan portables USB flash disk dengan kapasitas sebesar 4GB.

2. Mainstream

Laptop jenis ini memiliki ciri, yaitu prosesor yang digunakan seperti Intel Core i5, i3, atau Core 2 Duo dengan memori minimal 2GB. Komputer jinjing jenis ini drive untuk membaca dan menulis DVD, keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80 % dari lebar laptop.

3. Tablet PC

Perangkat ini memiliki layar sentuh sehingga mudah dioperasikan dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Mulai 2010, perangkat ini menjadi sebuah tren dalam dunia gadget. Tren ini diprakarsai oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran gadget. Namun, ada sedikit perbedaan antara tablet PC dn iPad, yaitu tablet PC menggunak stylus, sedangkan iPad menggunakan jari dan tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda, sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.

Tips Memilih Jenis Laptop dan Spesifikasinya

1. Lenovo ThinkPad T400

Lenovo ThinkPad T400 merupakan laptop kelas menengah yang dikeluarkan oleh Lenovo. Laptop ini termasuk laptop terbaik yang ada di pasaran saat ini. Seri T merupakan sebuah kombinasi dengan nilai solid, perfoma, dan kemudahan. Laptop 14.1 inci ini lebih tiopis dari seri Lenovo Sl dan R. Tipe T400 memiliki berat 5.1 pon, tipis dan ringan, tapi memiliki kemampuan yang besar.

Lenovo ThinkPad T400 memiliki resolusi 1440x900 dan prosesor Intel Core 2 Duo. Laptop jenis ini pun lebih murah jika dibandingkan dengan Lenovo jenis X dan W. Laptop Lenovo ThinkPad ini tidak hanya cocok untuk bisnis, tapi juga semua kegiatan. Laptop jenis ini menawarkan grafis yang cukup, baterai yang memiliki jangka waktu panjang, dan mudah dibawa ke mana-mana.

2. Acer Aspire One

Salah satu laptop terbaik, yaitu Acer Aspire One. Acer Aspire One ini termasuk jenis netbook dengan nharga yang relative terjangkau. Aspire One memiliki daya simpan yang besa. Dengan Intel Atom, Aspire One menawarkan perfoma yang cukup baik. Laptop jenis ini pun memiliki desain yang baik dan mudah dibawa ke mana saja.

3. Apple 13” MacBook Pro

MacBook merupakan salah satu laptop terbaik yang dikeluarkan oleh Apple. Seri ini telah mengalami pemangkasan yang cukup besar tahun lalu dan Apple telah melakukan yang terbaik untuk pemangkasan tersebut. Seri MacBook ini memiliki bahan alumunium, layar LED, dan trackpad multitouch. Untuk memasuki seri Pro, MacBook ini memiliki fitur, seperti FireWire port, slot SD Card, keyboard menyala, dan baterai yang tahn lama.

4. HP Pavilion tx2500z

HP sebagai salah satu pabrikan laptop pun tidak kalah saing. Perusahaan ini mengeluarkan HP Pavilion tx2500z. Laptop jenis ini cukup kuat dan menawarkan fleksibilitas yang cukup. HP Pavilion tx2500z memiliki perfoma 2 kali lebih bagus dari pendahulunya. Laptop ini memiliki fitur, seperti ATI HD3200, AMD Turion 64 X2 Dual Core, 4GB DDR2, dan layar sentuh 12. Inic. Keunggulan lain dari laptop jenis ini, yaitu layar dapat diputar 180 derajat.

Demikian liputan informasi seputar beberapa jenis Laptop beserta Spesifikasinya, semoga bermanfaat.

Jenis Laptop dan Spesifikasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *