Minggu, 23 Juni 2013

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri kerja hampir sama dengan surat keterangan bekerja, hanya saja tujuannya yang berbeda. Jika surat keterangan kerja dibuat untuk menunjukkan kalau orang itu benar-benar bekerja pada suatu perusahaan atau instansi terkait lainnya, sedangkan surat pengundurah diri kerja dibuat untuk meninggalkan atau melepaskan pekerjaan yang kita tekuni pada kantor atau perusahaan.

Memang rasanya serba salah jika ingin keluar atau resign dari pekerjaan. Terkadang tuntutan hidup membuat kita harus memilih bertahan di tempat kerja dengan gaji yang minim, atau mencari pekerjaan baru dengan penghasilan yang lumayan besar.

Tetapi tunggu dulu, jiika ingin keluar dari pekerjaan Anda sekarang jangan lupa membuat surat pengunduran diri kerja atau resign yang menunjukkan bahwa Anda masih menghormati perusahaan tempat Anda bekerja dan nantinya Anda juga mendapatkan . Sah saja jika Anda ingin berhenti bekerja dari perusahaan demi penghidupan yang lebih baik.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja.jpg
Sebelum Anda membuat surat pengunduran diri kerja, sebaiknya Anda simak serta perhatikan liputan informasi tentang Fungsi Surat Pengunduran Diri Kerja serta contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar berikut ini :

Kita selalu memandang bahwa surat pengunduran diri kerja itu hanya sebatas dari pihak karyawan yang ingin mengundurkan diri atau berhenti bekerja karena banyak hal. Nah, jika dari pihak perusahaan yang diberi surat pengunduran diri kerja ini, apakah fungsinya? Apakah hanya sebagai formalitas yang diberikan khusus untuk karyawan yang akan mengundurkan diri atau ada hal lain? Berikut beberapa fungsi surat pengunduran diri kerja bagi perusahaan yang bersangkutan:

Sebagai sarana untuk evaluasi terhadap kinerja karyawan selama bekerja, apakah karyawan melakukan kesalahan atau tidak.
Sebagai koreksi ke dalam bagi pihak perusahaan, terutama jika surat pengunduran diri kerja yang diajukan ole karyawannya cukup banyak. Bahkan dalam setahun bisa sampai tiga atau empat karyawan yang memutuskan resign.
Surat pengunduran diri kerja bisa dijadikan media untuk menilai bagaimana hubungan atau budaya perusahaan yang diterapkan bisa diterima oleh karyawan atau tidak.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa pengajuan surat pengunduran diri kerja ini tidak semata-mata karena karyawan yang memang ingin mencari pengalaman bekerja di tempat lain atau ingin mencari perusahaan dengan penghasilan yang lebih besar saja. Namun, surat pengunduran diri kerja tersebut juga bisa dijadikan alat sebagai evaluasi perusahaan yang bersangkutan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Mataram, 24 Juni 2013
Kepada Yth.
HRD Manager
PT. ............
Di
Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya ............ mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. ............ terhitung tanggal ............

Saya menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di PT ............ sebagai suatu perusahaan besar di bidang ............ selama kurang lebih 2 tahun.

Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. ............ apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. ............

Saya berharap dan berdo'a agar PT. ............ dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,


(............)


SURAT PENGUNDURAN DIRI II


Kepada,
yth,
Direktur PT........
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT......... berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama tentang kekaryawanan dan Undang - Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama : .........
Perusahaan : ........
Jabatan : ........
Nomor Karyawan : ........

Mengajukan pengunduran diri dari PT....................... dengan alasan kesehatan dan keluarga.....(jelaskan alasan anda mengundurkan diri).... Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,
Malang, ...,......, 2012


(........................)


SURAT PENGUNDURAN DIRI BAHASA INGGRIS

Dear Mr. Julio Cesar,
It is with both regret and anticipation that I submit this letter of resignation. As required by my contract of empoyment, I hereby give you one month notice of my intention to leave my position as (jabatan anda), effective 15 july 2012.

I have decide that it is time to move on and I have accepted a position elsewhere. This was not an easy decision and took lot of consideration. However I am confident that my new role will help me to move towards some of the goals I have for my career. It has been my genuine pleasure to work for [nama perusahaan anda] during these last 15 months.

I have enjoyed working with (nama perusahaan anda) fine staff of professionals and colleagues. The association I have made during my employment here will be truly memorable for years to come. I wish [company name]continued more success in future.

Thank you for allowing me to serve [company name] and for all the opportunity, experience, knowledge and new skill I have during my employment. Once again I wish you all all staff in [company name] every good fortune.


Yours truly,


(nama lengkap)

Well.. semoga dengan adanya contoh dari surat pengunduran diri di Atas bisa membantu bagi Anda yang mungkin skarang ini benar-benar siap dalam mengamil keputusan untuk mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *