Kamis, 02 Mei 2013

Contoh Surat Keterangan Bekerja

Contoh surat keterangan bekerja ini biasanya diminta oleh pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan secara finansial untuk membuktikan bahwa pegawai tersebut tidaklah berbohong mengenai jenis pekerjaan yang dilakoninya. Ketentuan contoh surat keterangan bekerja pun bermacam-macam. Ada yang harus menyertakan gaji dan lamanya orang tersebut bekerja di perusahaan yang bersangkutan, ada juga yang hanya membutuhkan legalisasi dari pihak perusahaan sebagai bukti nyata bahwa orang tersebut memang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

contoh surat keterangan.jpg

Permintaan contoh surat keterangan bekerja tersebut biasanya dilakukan sebagai persyaratan administrasi untuk masuk bisa meloloskan aplikasi tertentu. Misalnya saja, aplikasi masuk perguruan tinggi kelas karyawan, aplikasi beasiswa bagi para pekerja, atau bahkan pengajuan kredit terhadap suatu instansi keuangan.

Kepentingan Membuat Contoh Surat Keterangan Bekerja

Contoh surat keterangan bekerja bisa menjadi surat sakti yang dapat menyelesaikan banyak masalah, misalnya, menjadi surat jaminan utang. Tentunya bukan utang kepada lembaga resmi berskala besar, tapi mungkin kepada lembaga peminjaman semacam koperasi atau instansi pemerintah daerah setempat.

Surat keterangan berkerja ini bisa membuat pencairan dana lebih cepat. Ini karena yang memberikan utang percaya bahwa si peminjam mempunyai dana untuk melunasi utangnya. Terkadang ada perjanjian bahwa pemberi utang bisa langsung memotong gaji pengutang.

Adakalanya seorang karyawan berhenti bekerja dan membutuhkan surat keterangan pernah bekerja di perusahaan tersebut. Adakalanya pula karyawan membutuhkan contoh surat pengalaman kerja untuk mengurus kepentingannya di luar urusan dengan perusahaan di mana dia bekerja.

Biasanya, surat keterangan bekerja sangat dibutuhkan ketika:

Akan melamar kerja ke tempat lain.
Akan membuka rekening bank saat KTP tidak dapat diterima bank karena bukan KTP dengan domisili satu propinsi di mana tempat bank berada.
Surat keterangan domisili dari RT/RW belum keluar.
Hendak mengajukan permohonan beasiswa, baik oleh karyawan itu sendiri maupun anggota keluarganya (anak atau istri/suami).


Fungsi Surat Keterangan Bekerja

Seperti yang sudah dijelaskan dalam liputan informasi mengenai surat keterangan di atas, sebuah contoh surat keterangan bekerja sangat dibutuhkan untuk mendukung persyaratan administrasi tertentu. Oleh karena itu, kita juga harus mengetahui fungsi dari surat keterangan tersebut pada setiap kasus yang berlaku.

a. Sebagai Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Kelas Karyawan
Beberapa perguruan tinggi biasanya membuka jadwal perkuliahan khusus untuk kelas karyawan. Jadwal yang digunakan biasanya hari Sabtu dan Minggu sehingga jadwal kerja para karyawan tidak bentrok atau tidak terganggu oleh jadwal perkuliahan.

Untuk menjadi mahasiswa kelas karyawan, beberapa perguruan tinggi akan meminta contoh surat keterangan bekerja sebagai bukti serta kelengkapan syarat administrasi yang membuktikan bahwa calon mahasiswa tersebut memang seorang karyawan yang tidak bisa melakukan perkuliahan pada hari biasa.

Pada kasus seperti ini, surat keterangan bekerja biasanya hanya melampirkan nama dari karyawan yang mencalonkan diri sebagai mahasiswa serta nama perusahaan tempat di mana ia bekerja.

Surat keterangan bekerja tersebut kemudian dilampirkan bersamaan dengan persyaratan administrasi lainnya saat calon mahasiswa melakukan registerasi ulang masuk perguruan tinggi yang dituju.

b. Sebagai Syarat Aplikasi Beasiswa
Beberapa perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, biasanya mewajibkan para pelamar beasiswa untuk menyertakan contoh surat keterangan bekerja sebagai bagian dari syarat administrasi untuk mendapatkan beasiswa.

Beberapa perguruan tinggi atau perusahaan yang mengeluarkan beasiswa tersebut malah mewajibkan para pelamarnya untuk memberikan keterangan bahwa pelamar telah bekerja sekurang-kurangnya selama dua tahun.

Namun, ada juga yang memberikan syarat pengalaman bekerja selama lima tahun pada pelamar beasiswanya.

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, pelamar diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan bekerja atau surat keterangan pernah bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Selain perguruan tinggi, ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas beasiswa prestasi bagi anak-anak para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. untuk mendapatkan beasiswa itu, para karyawan di perusahaan tersebut diwajibkan menyertakan surat keterangan bekerja dalam aplikasinya.

Format yang dibutuhkan biasanya meliputi nama pelamar, nama perusahaan, besarnya gaji yang didapatkan di perusahaan tersebut, serta berapa lama ia bekerja di perusahaan tersebut.

c. Syarat Pengajuan Kredit
Baik pengajuan kredit ke bank, koperasi, maupun kepada perusahaan leasing, pengaju wajib menyertakan surat keterangan bekerja dengan struk gaji terakhir yang didapatkannya.

Hal tersebut wajib dipenuhi sebagai bukti serta jaminan bahwa pihak calon peminjam dianggap mampu membayar, mencicil, dan melunasi biaya yang dikreditkan oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu, contoh surat keterangan bekerja tersebut wajib disertakan beserta persyaratan administrasi lainnya saat hendak melakukan pengajuan kredit terhadap perusahaan penyedia dana kredit.

d. Pengganti Syarat Lain dalam Pengajuan Dokumen Negara
Untuk mendapatkan KTP, Kartu Keluarga, atau kartu identitas lainnya, kita diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan bekerja sebagai bukti nyata bahwa kita memang pantas untuk mendapatkan kartu identitas yang diminta tersebut.

Jika syarat yang diminta tidak terpenuhi, seperti surat pindah dari tempat asal serta dokumen-dokumen lainnya, maka surat keterangan bekerja bisa menjadi pengganti syarat tersebut sehingga kita tetap bisa mendapatkan kartu identitas sementara tanpa harus memberikan surat pindah dari tempat asal.

e. Syarat Pengajuan Lamaran pekerjaan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa perusahaan besar biasanya akan meminta keterangan dari perusahaan yang sebelumnya ditempati oleh calon pegawai baru.

Surat keterangan bekerja tersebut dibutuhkan untuk menentukan kejelasan status calon pegawai ; apakah pegawai yang bersangkutan memang sudah tidak bekerja di perusahaan lama atau tidak?

Hal tersebut dijadikan sebagai salah satu syarat bagi para pelamar pekerja karena ada juga calon pekerja yang memberlakukan sistem untung-untungan saat melamar pekerjaan. Misalnya saja, ia masih bekerja di perusahaan A, namun melamar ke perusahaan B dengan harapan mendapatkan gaji yang lebih besar dari perusahaan sebelumnya.

Oleh karena itulah, pihak perusahaan berusaha mengantisipasi tindakan seperti itu dengan mewajibkan para pelamar untuk menyertakan surat keterangan bekerja atau surat keterangan pernah bekerja di perusahaan sebelumnya.

Format yang dibuat dalam surat keterangan bekerja tersebut biasanya meliputi nama pelamar, nama perusahaan tempat ia pernah bekerja, status jabatan di perusahaan sebelumnya, gaji terakhir yang didapatkan, serta sudah berapa lama ia bekerja di perusahaan tersebut.

Jika calon pegawai tersebut memiliki prestasi di perusahaan, maka perusahaan yang bersangkutan akan memberikan lampiran berupa laporan prestasi kerja yang telah diraih oleh calon pegawai tersebut sehingga surat keterangan tersebut juga bisa dijadikan rekomendasi untuk diterima di perusahaan yang sekarang dituju.

Untuk lebih jelasnya lagi, kita lihat saja format contoh surat keterangan bekerja di bawah ini.

Format Contoh Surat Keterangan Bekerja

Format dari sebuah surat keterangan bekerja dari masing-masing perusahaan hampir sama. Yang membedakan satu surat keterangan bekerja dengan surat keterangan bekerja yang lainnya biasanya hanya kata-kata dan catatan-catatan khusus yang dibutuhkan.

Misalnya, bila surat keterangan bekerja itu dibutuhkan untuk melamar kerja ke tempat lain, pimpinan perusahaan sebelumnya hendaknya juga mencantumkan prestasi kerja dari karyawan yang bersangkutan.

SURAT KETERANGAN

No. .../.../nama perusahaan/lokasi perusahaan/.../tahun

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sinjarani
Jabatan : Direktur PT. Menang Gemilang
dengan ini menerangkan bahwa:
Nama : Manggale
NIK/NIP : 280713

Adalah benar karyawan di PT. Menang Gemilang.
Catatan (bila ada)
1. Karyawan berprestasi tahun 2001.
2. Karyawan paling disiplin sejak tahun 2004.
3. Team leader of the year tahun 2009.
4. Team leader favorit tahun 2010.
Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

(nama tempat), (tanggal)
(tanda tangan dan cap perusahaan)

Dr. Sinjarani
Direktur

Atau ada juga surat keterangan bekerja atas permintaan karyawan sendiri.

SURAT KETERANGAN

No. .../nama perusahaan/.../.../tahun

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Gloria Steffi
Jabatan : Kepala cabang PT. Glory
dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : Suminten
NIP/NIK : 724563

Adalah benar karyawan PT. Glory Muara Enim sejak 25 Agustus 1997 s/d 24 Agustus 2010 dan mulai 27 Agustus 2010 pindah ke PT. Glory Kalimantan Timur.

Demikianlah surat ini dikeluarkan atas permintaan yang bersangkutan.
Kalimantan Timur, (tanggal)

(tanda tangan)

Gloria Steffi
Kepala Cabang

1 komentar: