Senin, 01 Juli 2013

Kumpulan Do'a Bulan Ramadhan

Sebelum kita langsung ke pokok pembahasan yakni tentang isi bacaan dari kumpulan do'a bulan ramadhan yang wajib diketahui, disini admin sedikit mengulas sedikit tentang puasa di bulan ramadhan dan keistimewaannya yang merupakan komitmen bahwa kita akan bersikap jujur pada diri sendiri, andai kita berbuat curang, dengan sendirinya kita telah berada di luar komitmen tersebut. Otomatis puasa yang kita jalani akan jadi kehilangan makna dan pahalanya tidak ada.

Dalam agama Islam, berpuasa sangat dianjurkan. Bahkan ada waktu yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa, yaitu ketika bulan Ramadhan (dalam kalender Hijriyah). Pada bulan Ramadhan, umat Islam wajib berpuasa selama satu bulan. Mulai terbit fajar (sebelum shubuh) sampai terbenamnya matahari (waktu maghrib).

Doa Bulan Ramadhan.JPG
Puasa itu memiliki beberapa pengertian yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pengertian puasa yang pertama adalah komitmen bahwa kita akan belajar jujur pada diri sendiri. Seseorang yang menjalani puasa secara ikhlas akan bersikap enggan untuk membohongi diri sendiri. Berikut ini merupakan kumpulan doa-doa bulan ramadahan, selain itu juga Anda bisa melihat tentang pengertian dzikir dan doa yang telah admin update sebelumnya.


Doa Niat Puasa Ramadhan dan Terjemahanya

Tulisan Arab Doa Niat Puasa.jpg

(Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa)

Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala

Doa Berbuka Puasa dan Terjemahanya

Tulisan Arab Doa Berbuka Puasa.jpg

Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Niat Sholat Tarawih dan Terjemahanya

"Ushalli sunnatat taraawiihi rak'ataini (ma'muman/imaaman) lillahi ta'aalaa."

Artinya :
" Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta'ala"

Doa Niat Sholat Witir dan Terjemahanya

Niat Sholat Witir Satu Rakaat

أصَلِّي سُنَّةَ الوِتْرِ رَكَعَةً لِلهِ تَعالىَ

Aku solat sunnat witir satu rakaat kerana Allah Taala”


Berikut Niat Sholat Witir 2 Rakaat


أصَلِّي سُنَّةَ الوِتْرِ رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ

Bacaan Doa Niat Sholat Witir dalam Bahasa Indonesia

Niat Solat Sunat Witir Satu Rakaat

Terjemahan Doa Niat Sholat Witir

"Aku solat sunnat witir dua rakaat kerana Allah Taala"


Doa Pada Malam Lailatul Qadar dan Terjemahanya

Diriwayatkan bahwa ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang sebaiknya aku baca bila bertepatan dengan malam Lailatul Qadar?” Rasulullah bersabda: “Bacalah:

اللَّهُمَّ إنَّك عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Bacaan Doa Pada Malam Lailatul Qadar dalam Bahasa Indonesia

Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni

Artinya :

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku." (HR: At-Tirmidzi 3760, Ibnu Majah 3850, Ahmad VI/171, Al-Hakim I/530 dan An-Nasa'i dalam Amalul Yaum wal Lailah, silahkan lihat Shahih Jami' At-Tirmidzi).

Doa Ketika Melihat Hilal dan Terjemahanya

Hilal adalah Bulan sabit muda yang pertama yang dapat dilihat setelah bulan baru pada arah dekat matahari terbenam sebagai acuan sebagai kalender islam.biasanya hilal siamati pada tanggal 29 kalender islam untuk menentekun hari berikutnya apakah sudah berganti bulan.


اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ رَبَّنَا وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ الل
Bacaan Doa Ketika Melihat Hilal dalam Bahasa Indonesia

"Allahumma ahillahu 'alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.

Artinya:

"Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah]" (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ad Darimi. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan karena memiliki penguat dari hadits lainnya"

Doa Orang Yang Berpuasa Ketika Dicaci Maki dan Terjemahanya

Puasa tidak hanya mengindari makan dan minum saja nafsu birahi dan amarah juga harus kita hindari berikut ini adalah doa untuk orang yang sedang menjalankan ibadah puasa ketika dicaci maki orang lain.

إِنِّيْ صَائِمٌ، إِنِّيْ صَائِمٌ
Artinya:

"Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Sesungguhnya aku sedang berpuasa."

Banyak manfaat yang dapat diambil dari berpuasa. Sebagai umat Islam puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi juga menahan lainnya, seperti yang sudah disebutkan tersebut. Semoga liputan informasi mengenai bacaan doa di bulan ramadhan di atas bisa bermanfaat.

Kumpulan Do'a Bulan Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *