Written By Yuliana Ningsih on Senin, 08 Juli 2013 | Senin, Juli 08, 2013

Selain dari jawaban apa yang sebaiknya dijawab ketika melakuan wawancara kerja, ada beberapa tips melamar kerja serta hal yang harus dihindari pada saat wawancara berlangsung. Ada salah satu kiat yang bisa Anda tempuh untuk mengetahui seluk-beluk wawancara kerja. Diantaranya adalah berbagi pengalaman dengan teman yang lebih dahulu diterima kerja. Lewat mereka Anda bisa bertanya bagaimana kiatnya menghadapi wawancara kerja supaya bisa diterima oleh perusahaan.

wawancara kerja.jpg
Kita mungkin selalu terpaku bagaimana nanti menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara, sehingga melupakan beberapa hal penting berikut ini:

1. Terlambat Datang

Meskipun Anda sudah siap mental, tetapi jika dating terlambat tentu saja itu akan sangat mengganggu sekali. Keterlambatan Anda untuk menghadiri wawancara kerja menjadi nilai minus dan pewawancara akan memasukkan Anda sebagai calon pekerja yang tidak disiplin.

2. Informasi yang Tidak Akurat

Ketika Anda disuruh dating untuk wawancara kerja, sebaiknya Anda catat kapan waktu, tempat dan dibagian mana Anda akan diwawancara. Seringkali, calon pekerja menyepelekan hal ini. Karena terlalu senang mendapat panggilan wawancara atau lolos ke tahap selanjutnya, lupa menanyakan informasi penting ini.

Jika Anda masih menanyakan kembali dimana Anda harus wawancara dengan pihak panitia pencari kerja di perusahaan tertentu, bukan tidak mungkin Anda sudah mendapatkan nilai minus dari mereka.

3. Tidak Konsentrasi

Pada saat wawancara berlangsung konsentrasi Anda harus dijaga. Jangan sampai menanyakan kembali pertanyaan yang sudah dilontarkan oleh pewawancara. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu jalannya wawancara. Ingat yang harus diwawancara saat itu bukan Anda saja. Jika terjadi demikian itu artinya mengulur waktu percuma dari waktu yang disediakan oleh pewawancara.

4. Bersikap Jangan Berlebihan

Sebaiknya jaga sikap Anda dan jangan berlebihan. Sebisa mungkin Anda bersikap sewajarnya saja. Tunjukkan minat Anda tetapi jangan over dosis. Percaya diri memang sangat diperlukan, namun jika terlalu berlebihan akan membuat orang lain tidak nyaman.

5. Kuasai Bahasa Asing

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, saat ini penguasaan bahasa asing sangatlah diperlukan, terutama bahasa Inggris. Banyak perusahaan yang mewajibkan pewawancara menggunakan bahasa Inggris ketika akan mewawancarai calon pekerja yang akan mereka rekrut.

Kemampuan bahasa asing Anda akan menjadi bahan penilaian yang bisa menjadi nilai plus untuk Anda dari pewawancara. Oleh karena itu, mulai saat ini asah kemampuan berbicara bahasa asing Anda, untuk hasil yang lebih baik.


Dari liputan informasi tentang wawancara kerja. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan tentu saja memberikan batasan atau penilaian yang berbeda ketika proses wawancara berlangsung. Wawancara kerja juga biasanya dilakukan dengan menggunakan bahasa asli dan bahasa asing. Terutama di perusahaan asing, kemungkinan besar Anda akan diwawancarai dengan menggunakan bahasa Inggris.

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Yang Harus Dihindari Pada Saat Wawancara Kerja. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Liputan Informasi
feedburner

0 comments:

Poskan Komentar

Liputan Informasi © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger