Written By Yuliana Ningsih on Kamis, 18 April 2013 | Kamis, April 18, 2013

Secara umum, makhluk hidup memiliki kesamaan ciri-ciri. Meski demikian, tidak semua makhluk hidup memiliki ciri yang sama secara mutlak. Namun jika ditarik kesimpulan secara garis besar, pada umumnya makhluk hidup memilki beberapa ciri khusus. Berikut liputan informasi merupakan penjelasan ciri-ciri makhluk hidup secara lengkap :

ciri makhluk hidup.jpg

1Bergerak

Bergerak adalah merupakan perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau sebagian. Hal ini disebabkan oleh adanya tanggapan terhadap rangsang. Gerak yang dilakukan pada tumbuhan antara lain : gerak menutupnya daun putri malu jika disentuh, gerak ujung batang dari bawah ke atas ke arah sinar matahari, dan gerak membukanya biji lamtoro disebabkan perubahan kadar air. Pada hewan juga terdapat gerak, antara lain : gerak aktif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak berupa otot, gerak pasif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak berupa tulang, dan gerak pada manusia yaitu berjalan, berlari dan lain-lain.

2.Peka Terhadap Rangsang (iritabilitas)

Tumbuhan, hewan dan manusia mempunyai kepekaan terhadap rangsang (iritabilitas). Ciri makhluk hidup ini dapat ditunjukkan sebagai berikut:

Pada tumbuhan, daun putri malu bila diberi rangsang sentuhan akan menanggapi rangsang dengan menutup daunnya.
Pada hewan, ayam ketika fajar menyingsing akan berkokok.
Manusia jika diberi bau yang merangsang akan menanggapi rangsang, misalnya bersin.

3. Memerlukan Makan (nutrisi)

Setiap makhluk hidup memerlukan makanan. Hal ini bertujuan agar dapat mempertahankan hidup, menghasilkan energi, dan pertumbuhan. Setiap makhluk hidup mempunyai cara dan ciri makhluk hidup yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri, tetapi tergantung pada makhluk hidup lainnya.

4. Bernafas (respirasi)

Bernafas yaitu pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga memperoleh energi dan mengeluarkan karbondioksida sebagai zat sisa. Hewan vertebrata di darat bernafas dengan paru-paru, ikan bernafas dengan insang, cacing bernafas dengan kulit. Tumbuhan, pada daun bernafas melalui stomata, pada batang melalui lentisel dan di akar melalui bulu-bulu akar. Manusia bernafas dengan paru-paru.

5. Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible. Berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi dan lingkungan.

6. Berkembangbiak (reproduksi)

Berkembangbiak adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya.

7. Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan untuk mempertahankan diri.

8. Regulasi

Regulasi adalah proses pengaturan keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.

9.Ekskresi
Regulasi adalah proses pengaturan keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.

Ciri mkhlik hidup yang lainnya
1. Membutuhkan nutrisi

Nutrisini ini dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi atau bahan bakar bagi setiap aktivitas yang dilakukan makhluk hidup tersebut. Apabila makhluk hidup tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka akan kehilangan tenaga dan seluruh kemampuan yang dimilikinya yang merupakan ciri makhluk hidup.

2. Memiliki kemampuan bernafas

Seluruh makhluk hidup membutuhkan nafas untuk mengatur detak jantung manusia. Apabila sumber pernafasan terhenti, maka denyut jantung manusia secara otomatis akan turut berhenti. Akibatnya aliran darah pun tidak lagi bisa mengalir sehingga akan mengakibatkan kematian makhluk hidup tersebut.

3. Memiliki kemampuan gerak

Makhluk hidup akan selalu bergerak untuk mendapatkan sumber makanan. Apabila manusia dan binatang bisa bergerak dengan berpindah tempat, maka untuk tumbuhan pergerakan yang terjadi berlangsung di bagian akar. Dimana bagian ini akan selalu bertambah panjang untuk mencari sumber makanan di dalam tanah.

4. Mengalami fase pertumbuhan

Pertumbuhan pada makhluk hidup akan terlihat dengan selalu berubahnya ukuran makhluk hidup tersebut. Hal ini akan terlihat dengan semakin besarnya ukuran suatu makhluk hidup seiring dengan semakin lama usia makhluk hidup tersebut.

5. Mampu untuk berkembangbiak

Kemampuan reproduksi merupakan kemampuan kodrati dari makhluk hidup. Meski demikian, tidak semua makhluk hidup mampu untuk berkembang biak. Ada beberapa makhluk hidup yang tidak mampu berkembang biak karena mengalami masalah pada bagian reproduksi mereka yang disebut dengan reproduksi steril.

Namun seiring dengan perkembangan tekhnologi, makhluk hidup yang memiliki gangguan pada bagian reproduksi sehingga menjadi steril tersebut kini bisa melakukan proses reproduksi. Caranya dengan sistem yang disebut inseminasi buatan, dimana pada sistem ini proses pembuahan dilakukan di luar sel telur.

6. Kemampuan untuk melakukan respon terhadap rangsangan

Kemampuan respon terhadap rangsang ini digunakan sebagai alat pertahanan diri oleh suatu makhluk hidup. Dengan demikian, makhluk hidup bisa mengambil keputusan atau reaksi apabila ada sesuatu yang terjadi pada diri mereka.

7. Bisa beradaptasi terhadap lingkungannya.

Dengan cara ini, diharapkan makhluk hidup akan selalu mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Ciri Ciri Makhluk Hidup Secara Lengkap. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Liputan Informasi
feedburner

0 comments:

Poskan Komentar

Liputan Informasi © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger