Selasa, 16 April 2013

Arti Warna Cat Rumah Anda

Dalam liputan informasi bagi sebagian kalangan, memilih warna cat rumah memiliki maksud tersendiri. Dengan demikian, proses pemilihan warna cat disesuaikan dengan makna yang ingin disampaikan atau tujuan yang hendak dicapai. Sebab, masing-masing warna diyakini memiliki makna yang tidak sama antara satu warna dengan yang lainnya. Makna-makna yang terkandung dalam aneka macam warna tersebut antara lain :

contoh warna cat.jpg

Merah : Dimaknai sebagai warna yang menunjukkan keberanian dan semangat yang tinggi. Selain itu, merah juga dilambangkan sebagai warna yang agresif, memiliki kemampuan untuk menumbuhkan emosi serta mudah menarik perhatian. Dalam arti positif, warna merah diyakini mampu memunculkan rasa cinta, kegairahan, keberanian, kekuatan, agresivitas dan kemerdekaan serta kebebasan. Namun dalam pandangan negatif warna merah dianggap sebagai simbol bahaya, kekerasan dan juga adanya sikap tertekan.

Untuk warna kuning, dianggap mampu memberikan simbol optimisme dan kepercayaan diri yang kuat. Selain itu, warna kuning juga mampu memberikan proses aktualisasi diri dan menjalin keakraban dengan orang lain. Warna kuning juga diyakini sebagai simbol kreatifitas. Di sisi lain, warna kuning juga dianggap melambangkan perasaan tertekan, rapuhnya kejiwaan seseorang dari sudut emosional dan juga kegelisahan.

Warna hijau dianggap sebagai lambang alam. Hijau dimaknai sebagai simbol kebebasan, kesehatan, keseimbangan serta menunjukkan adanya ketenangan dan jiwa muda. Unsur negatif dari warna hijau dimaknai sebagai sebuah sikap cemburu, kelicikan, kejenuhan dan mampu melemahkan pikiran serta fisik. Warna hijau ini dalam budaya China, dianggap sebagai warna perempuan. Sementara bagi masyarakat muslim, hijau merupakan warna yang suci. Warna hijau juga dianggap sebagai warna yang melambangkan perdamaian.

Untuk warna biru, merupakan warna yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Warna ini dianggap sebagai lambang intelektualitas dan kepercayaan diri. Warna biru diyakini mampu memberikan rasa tenang serta kesejukan bagi mereka yang melihatnya. Biru dianggap sebagai lambang keadilan, pengabdian serta konsistensi. Unsur negatif dari warna biru adalah mampu memunculkan rasa depresi serta keragu-raguan. Warna biru gelap akan memudahkan seseorang dalam berpikir tajam dan jernih serta ringan. Sedangkan warna biru muda mampu menciptakan efek tenang serta meningkatkan konsentrasi bagi seseorang. Namun, warna biru yang terlalu dominan mampu menciptakan perasaan dingin, individualistis serta egoistik dan ambisius.

Warna ungu, dianggap mampu menciptakan efek spiritualitas dan mengesankan kemewahan, keaslian serta kebenaran. Ungu bisa mendukung semua aktivitas yang membutuhkan ketenangan dan kontemplasi. Unsur negatif dari warna ungu ini adalah munculnya kemerosotan serta mutu yang jelek.

Warna putih melambangkan kesucian, kemurnian, kebersihan, steril, kesempurnaan, kejujuran, kesederhanaan, baik dan juga netral. Putih adalah lambang malaikat dan para petugas kesehatan. Namun, putih juga dianggap sebagai warna kematian yang diartikan dengan kekosongan, hantu serta kain kafan.

Warna abu-abu melambangkan kebijaksanaan, kedewasaan, tidak egois, ketenangan dan keseimbangan. Warna ini dianggap sebagai sebuah kelambanan, kuno, sikap lemah, kehabisan energi dan kotor. Warna abu-abu banyak digunakan untuk warna alat elektronik, kendaraan, perangkat dapur atau rumah karena warna ini dianggap netral.

Warna hitam merupakan warna yang melambangkan sikap elit, elegan, pesona yang kuat, keteguhan dan kerendahan hati. Unsur negatif dari warna hitam adalah kehampaan, kesedihan sebagai lambang kematian, ancaman, penindasan, keputusasaan dan dosa. Hitam merupakan warna yang menyerap cahaya dan warna. Sehingga, warna hitam dianggap sebagai lambang kumpulan dosa. Dengan karakter yang kuat, menjadikan manusia memiliki ketakutan tersendiri akan dosa yang dikonotasikan dengan warna hitam.

Jika Anda merasa bingung tentang jenis warna yang akan digunakan, gunakanlah efek cahaya secara umum. Biasanya, warna kuning atau oranye bisa menimbulkan efek keceriaan serta menciptakan kehangatan dan energi tersendiri bagi penghuni rumah tersebut. Sedangkan untuk warna hijau atau biru serta degradasi warna sejenisnya bisa memunculkan kesan sejuk. Hal ini biasanya sesuai digunakan pada model rumah yang banyak mendapat cahaya matahari untuk menghindarkan kesan panas. Sementara untuk warna putih biasanya sesuai digunakan untuk jenis rumah yang menggunakan konsep minimalis.

Arti Warna Cat Rumah Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *