Rabu, 24 April 2013

Jenis Kucing Persia Standar

Kucing jenis persia atau angora akan dapat tumbuh kembang menjadi peliharaan yang sangat menarik dan berbulu tebal. Namun syaratnya harus dirawat dengan telaten dan sesuai dengan cara merawat kucing yang baik. Bulu dari kucing ini akan mudah sekali rontok bila tidak mendapatkan perlakuan yang disukainya. Misalnya makanan yang tidak cocok, suhu yang terlalu panas, kondisi kandang yang kotor dan lain sebagainya. Mempelajari panduan merawat kucing persia atau anggora sangat penting bagi mereka yang berminat membeli kedua jenis kucing tersebut.

jenis kucing persia.jpg

Karena sudah menyebar di berbagai tempat, sekarang penggemar kucing Persia membuat standar kwalitas. Tujuannya untuk menjaga kelestarian dan kesehatannya.

Adapun standar tersebut terbagi dalam tiga kategori :

1. Pet quality

Merupakan kucing yang semuanya tidak memenuhi standar yang telah disepakati bersama. Terutama dalam hal keaslian genetik dan warna serta bentuk tubuhnya.

2. Breeed quality

Bisa dipilih sebagai kucing bagus untuk dijadikan induk. Karena kwalitasnya lebih bagus dari kategori pet quality.

3. Show quality

Adalah kucing lucu yang sejak masih kecil sudah terlihat kwalitasnya yang prima. Baik berdasarkan genetik dan warna maupun bentuk tubuh dan bulunya. Kucing ini paling mahal harganya bila diperjual belikan.
Teknik memilih kucing bagusJenis Persia


kucing persia warna putih.jpg


Pada umumnya orang berpendapat bila memilih kucing bagus jenis Persia ini sulit. Dan faktanya memang begitu. Namun demikan bila kita mengetahui teknik untuk mendapatkan binatang berkaki empat dengan kwalitas yang bagus, maka kesulitan tersebut bisa dihindari atau diminimalkan.

Untuk itu sebelum mengeluarkan uang untuk membeli kucing jenis Persia, perhatikan dulu hal-hal berikut ini :

1. Jenis kelamin

Tentukan lebih dulu, ingin memelihara kucing berjenis kelamin betina atau jantan.Cara membedakannya adalah dengan mengamati jarak antara dubur dan lubang kelamin.

Bila jauh dan bentuknya bulat, berarti anak kucing itu adalah jantan. Sedangkan untuk yang betina bentuk kelaminnya panjang dan ada celah di tengahnya.

Faktor lain yang menentukan pembelian jenis kelamin adalah kemungkinan untuk mengawinkannya dengan kucing lain. Tentu saja harus diketahui dulu siapa saja pemilik kucing Persia yang berkualitas, tanyakan kepada teman atau saudara tentang info pemilik kucing mahal ini. Akan sangat bermanfaat bila mengetahui kemungkinan bisa dikawinkan kemudian hari.

2. Umur kucing

Untuk para pemula, melalui liputan informasi tentang kucing ini, sebaiknya memilih kucing yang masih kecil lebih dahulu. Karena kucing yang masih kecil lebih mudah melakukan adaptasi pada lingkungan barunya.

Selain itu pemiliknya juga bisa lebih mudah mengenal karakter kucing Persia tersebut sehinggga lebih mudah memeliharanya. Kucing persia yang masih kecil terlihat lucu dan lincah bergerak ke sana sini. Kehadiran si kecil ini akan menghiasi hari-hari pemilik di rumahnya. Bulu dari kucing persia yang masih dini belum begitu lebat sebagaimana dewasa, perlu kesabaran dari pemiliknya agar kucing ini tumbuh dengan sehat bebas gangguan yang merugikan.

Kucing Persia.jpg

Saat membeli kucing jenis persia atau anggora, tanyakan sejelas-jelasnya kepada penjual tentang cara yang aman dalam merawat piaraan ini. Tanyakan apa saja yang masih dianggap sulit dimengerti, sebab sang pemilik kucing melakukan satu kesalahan maka dapat berakibat fatal.

3. Berat badan dan beratnya

Sebelum menentukan pilihan, cek lebih dahulu berat badan serta kesehatan organ tubuhnya. Bila perlu tanyakan pada penjual riwayat kesehatan dan kartu vaksinasinya.

4. Bentuk kepala, dada, dan kaki

Agar bisa mendapat kucing bagus dan berkwalitas prima pilihlah yang berkaki pendek dan besar serta bentuk kepalanya melingkar. Kemudian lihat dadanya.

Dada kucing Persia yang bagus bentuknya lebar dan dalam. Sedang punggungnya rata dan tulangnya juga pendek dan besar, namun perutnya kecil dengan otot yang keras.

5. Lihat mata, hidung, telinga dan ekor

Setelah badan amati mata, hidung dan telinga serta ekor. Kucing bagus jenis Persia memiliki mata yang bulat dan besar. Sedang hidungnya masuk ke dalam atau pesek dan berukuran kecil namun melebar.

Jika dia mendongakkan kepala akan terlihat ada belahannya. Kemudian untuk telinganya juga berbentuk kecil dan bulat dengan ujung yang melengkung serta menghadap ke bawah.

Dan yang terakhir ekornya berukuran pendek, tebal dan lurus namun tidak kaku dan sering membentuk sudut yang lebih rendah dari punggungnya.

6. Garis keturunan kucing

Setelah bentuk fisiknya memenuhi syarat, sekarang telitilah surat silsilah yang menerangkan asal-usulnya. Ini untuk menjamin keaslian ras dari kucing yang kita pilih.

Jenis Kucing Persia Standar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *