Rabu, 24 April 2013

Tips Cara Merawat Kucing dengan Baik

Selain menjadikan binatang peliharaan jenis kucing sebagai binatang rumahan mampu menghibur dengan kelucuan dan kemanjaannya, ada juga beberapa hal yang mesti dipenuhi u ntuk merawat kucing agar kucing peliharaan kita tetap bersih, sehat, dan terhindar dari berbagai macam bakteri binatang yang berpotensi membuat kesehatan kita pun ikut terganggu.

Tips cara merawat kucing.jpg

Memelihara kucing bisa dikatakan gampang, bisa dikatakan juga susah. Untuk itu, diperlukan ketelatenan dan perhatian khusus untuk merawat hewan yang satu ini apalagi dengan jenis kucing ras . Jika Anda termasuk ke dalam penyayang kucing, berikut adalah beberapa tips dasar Cara Merawat Kucing dengan Baik :

merawat kucing peliharaan.jpg

Berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat binatang peliharaan Anda itu.

Berikanlah makanan yang memang disediakan khusus sebagai makanan kucing agar asupan gizi yang dikonsumsi oleh kucing sesuai dengan kebutuhan gizinya.

Saat memberi makan, sesuaikan takaran pangan dengan kebutuhan kuantitas pangan yang dibutuhkan oleh binatang tersebut agar makanan yang dimakan tidak bersisa dan meninggalkan jejak bakteri di dalamnya.

Takaran yang pas akan membuat tubuh binatang peliharaan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas sehingga binatang peliharaan Anda tetap dalam kondisi yang sehat.

Untuk mempermudah pemberian pakan, pilihlah makanan yang kering dibandingkan dengan makanan yang lembab dan basah. Selain mudah untuk membersihkannya, makanan kering juga tidak mudah dihinggapi jamur dan bakteri seperti makanan basah.

Jika Anda sudah terlanjur memulai pemberian pangan dengan makanan basah, maka berikan takaran yang pas agar makanan tidak bersisa.

Sediakanlah tempat makan dan tempat tidur yang bersih sehingga binatang peliharaan Anda pun akan terbiasa dengan hal ini.

Selalu sediakan air bersih dengan tempat yang mudah dijangkau oleh binatang peliharaan, serta tidak mudah tumpah apabila tersenggol.

Sediakan tempat tidur yang sesuai dengan karakter binatang peliharaan Anda. Apakah ia suka tidur di tempat yang hangat dan tertutup, atau di tempat yang banyak memberi pasokan udara.

Sediakan kotak buang air dengan pasir yang memiliki aroma khusus, seperti aroma apel atau bunga yang membuat Anda tidak risi ketika binatang peliharaan Anda buang air. Buanglah kotoran kucing sesegera mungkin agar terhindar dari penumpukkan bau dan bakteri.

Bersihkan kucing dengan cara memandikannya seminggu sekali. Gunakan sabun khusus untuk memandikan binatang tersebut.

Berikan imunisasi vaksin dan periksakan binatang peliharaan Anda secara rutin ke dokter hewan terpercaya.
Jika melihat ada hal-hal yang tidak baik dengan binatang peliharaan Anda, segera periksakan ke dokter.

Semoga liputan informasi mengenai beberapa tips dasar dalam perawatan kucing Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu Anda dalam merawat kucing kesayangannya dengan baik dan sehat selalu.

Tips Cara Merawat Kucing dengan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *