Minggu, 26 Mei 2013

Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet

Dengan adanya beberapa tips bagaimana cara merawat laptop dengan baik agar lebih awet yang tersedia berikut ini, serta berbagi hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam memilih kualitas serta spesifikasi laptop agar memudahkan merawat serta menggunakan barang elektronik yang satu ini. Walaupun sejatinya dari laptop dapat dibersihkan dengan cara diservis, alangkah baiknya jika Anda menghemat uang untuk membersihkan laptop Anda sendiri. Namun dalam melakukan perawatan terhadap laptop tersebut, tentu Anda harus faham tentang bagaimana cara membersihkan laptop.

Laptop, notebook dan netbook saat ini sudah bukan menjadi barang yang mewah lagi. Dari hari ke hari penggunanya makin bertambah, seiring dengan makin banyaknya produk hasil teknologi modern ini yang masuk di Indonesia. Apalagi ketika jenisnya juga makin banyak. Namun sayang sekali, kebanyakan dari pengguna tersebut belum mengerti isi perangkat laptop dan fungsinya serta bagaimana cara merawat jenis laptop yang dimilikinya dengan baik dan benar, agar bisa awet dan tidak cepat rusak.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat laptop agar awet serta terhindar dari Virus, yang bisa Anda terapkan.

cara merawat laptop.jpg
1. Hindari Busa dan Benda Lunak

Jangan meletakan laptop pada tempat yang lunak dan lembut seperti busa dan karpet. Karena udara di bawahnya bisa mudah panas. Hal ini akan menyebabkan mesin laptop akan mudah rusak.

Kerusakan yang terjadi di laptop dikarenakan meningkatnya suhu yang ada di sekitar perangkat komponen elektronik yang ada di laptop. Meningkatnya suhu ruangan juga akan berpengaruh pada kinerja dari laptop itu sendiri.

Semakin tinggi suhu laptop maka komponen elektronik dari laptop akan memanas dan pada akhirnya akan mengalami malfungsi atau tidak berfungsi. Bagian yang paling rawan mengalami kerusahakan karena overhead atau panas yang berlebihan adalah procesor.

Bagian ini merupakan kepala dari laptop atau komputer dan paling sangat vital. Apalagi terhadap suhu yang tinggi, maka akan mempercepat kerusakannya. Processor yang dibiarkan tanpa kipas akan mengalami pemanasan dalam wakt beberapa menit saja hingga akhirnya terbakar.

Ketika processor sudah berada dalam kondisi demikian maka secara otomatis laptop tidak bisa digunakan atau dipakai. Pasti sangat merugi bukan karena untuk menggantinya atau memperbaiki kerusakan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kerusakan yang terjadi pada laptop baik kecil ataupun besar. Akan selalu merogoh kocek lebih dalam dibandingkan dengan komputer dekstop yang ada di rumah. Oleh karenanya perawatan yang baik akan menghindarkan anda dari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Hati-hati dalam Berinternet

Bila ingin mengunduh data atau software dari internet, perlu berhati-hati. Karena banyak software atau data yang membawa virus. Disarankan sebelum melakukan hal tersebut lakukan scan lebih dahulu.

Melakukan surfing atau berselancar di web yang banyak menyediakan software juga rentan akan bahaya virus dan malware. Bahaya ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Jadi semakin jarang anda mendownload maka kemungkinan untuk terkena virus adalah semakin kecil.

Namun solusi yang baik untuk masalah ini adalah pemasangan anti virus pada komputer anda. Dengan dipasangnya anti virus pada laptop maka kemungkinan untuk terserang dari gangguan virus akan semakin kecil.

Namun memasang anti virus saja tidak cukup. Anda juga harus melakukan update untuk mencegah terjadinya serangan virus yang berbahaya.

3. Hindari Penggunaan di Lantai

Jangan menggunakan laptop di lantai secara langsung, apalagi terus ditinggal begitu saja. Bila tidak waspada bisa terinjak kaki dan mudah terkena debu. Jika sudah terinjak maka bisa dipastikan laptop tidak bisa dipakai lagi karena rusak.

Debu juga bisa menghambat dari kinerja laptop. Semakin banyak debu pada laptop maka akan menghambat kinerja dari kipas yang ada di dalamnya. Dengan demikian suhu di dalam laptop akan mudah panas. Karena suhu laptop yang tinggi maka kinerja dari laptop juga menurun.

4. Gunakan Stabilisator

Gunakan stabilisator ketika menggunakan laptop. Listrik di Indonesia sering mengalami ketidakstabilan tegangan. Ini juga tidak bagus buat mesin laptop, terutama bagian mainboard.

Listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan mainboard menjadi rusak. Hal tersebut dikarenakan tegangan listrik yang naik turun. Karena tegangan listrik naik dan turun maka komponen yang ada di dalam mainboard menjadi rusak atau hangus terbakar.

Kalau sudah demikian maka mainboard harus diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk biaya ganti baru sangatlah mahal. Mungkin memilih langkah aman dengan memasang stabilisator adalah lebih murah dibandingkan harus kehilangan uang yang lebih banyak.

5. Hindari Benda Keras atau Tajam

Jangan sekali-kali meletakkan sesuatu di layar atau keyboard. Ini akan membuat layar dan keyboard mudah terkena goresan.

6. Gunakan Tas

Bila ingin membawa laptop ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh, gunakan tas yang memang khusus untuk membawa laptop. Karena tas biasa sering meninbulkan goncangan, yang akan membuat kinerja laptop bisa menurun, bahkan menjadi rusak.

7. Hindari sinar matahari secara langsung

Jangan menggunakan sekaligus meletakkan laptop di suatu tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung atau tempat yang panas lainnya.

8. Gunakan Pelindung Keyboard

Jika ingin membersihkan keyboard yang terkena debu atau kotoran, gunakan penghisap debu atau kuas kecil yang bisa menjangkau sampai ke sela-sela tuts keyboard. Kemudian untuk menghindari agar debu tidak masuk kembali, gunakan pelindung keyboard.

Kotoran yang masuk ke dalam keyboard bisa juga menyebabkan kinerja dari keyboard menurun. Bahkan bisa juga rusak dikarenakan masuknya benda keras ke dalam keyboard laptop anda. Oleh karenanya penggunan pelindung laptop juga dalam upaya untuk meminimalisir kejadian tersebut.

9. Jangan Gunakan Air untuk Membersihkan

Bila membersihkan screen atau layar, jangan memakai air biasa, namun pakailah cairan yang biasanya digunakan untuk membersihkan kaca. Memakainya juga tidak boleh disemprotkan langsung. Ambil kain yang halus lalu dibasahi dengan cairan tersebut, kemudian digosokan secara perlahan pada layar. Lebih bagus lagi bila sudah bersih layar juga diberi pelindung khusus.

10. Jauhkan dari benda bermagnet

Jangan sekali-kali meletakkan barang yang mengandung magnet di dekat laptop atau handphone. Karena barang tersebut juga bisa merusak mesin laptop sekaligus data yang masih disimpan.

Selain itu juga mampu merusak bagian layar dari laptop. Oleh karenanya hindarkan benda yang memiliki daya magnet dari jangkauan laptop anda.

11. Simpan di tempat yang aman

Bila tidak sedang digunakan, simpan laptop di tempat yang kering namun sejuk. Ada baiknya baterai juga dilepas. Apabila mau digunakan lagi, baterai tersebut dikosongkan energinya lebih dahulu, baru kemudian diisi lagi sampai penuh. Pelepasan baterai juga akan memperlama umur baterai itu sendiri sehingga bateri tidak mudah drop atau cepat habis ketika dipakai.

Merawat Laptop Dari Virus

Yang terpenting dari liputan informasi, bahwa laptop juga harus dirawat dari sisi dalamnya dengan menganjurkan untuk memasang antivirus yang selalu ter up date. Adalah penting merawat laptop juga mengenal jenis-jenis virus yang umumnya masuk bersama tool gratis di Internet.

Perlu diketahui, banyak tool gratis beredar di internet seperti Freeware dan Spyware. Jika ingin merawat laptop yang baik, maka tidak semua tools gratis yang beredar di install di laptop Anda. Ada lima tools gratis yang sangat berbahaya bagi laptop dan jangan pernah sekalipun untuk menginstallnya.

1. Gator

Gatol adalah tool yang kerap kali membuat pemilik laptop atau komputer gerah. Pasalnya, gator bisa menginstall sendiri, tanpa sepengetahuan kita. Umumnya, tool gator ini hadir dalam wujud iklan-iklan menarik.

Efek samping jika laptop Anda diinstal tool gator atau Anda yang menginstalnya ke laptop, siap-siaplah laptop Anda bakal menjadi sarang iklan. Setiap hari Anda bakal disuguhi “Pop up” yang dibawa oleh Gator.

Karena itu, hindarila tool Gator mampir di laptop Anda. Langkah terkini yang mesti Anda lakukan adalah, blok situs Gator agar tidak bisa masuk ke laptop Anda.

2. Bonzi Buddy

Bonzi Buddy adalah tools tang memilik icon dengan gambar monyet kiut berwarna ungu. Kebanyakan orang terpesona dengan kiut monyet tersebut. Tool Bonzi Buddy bila sudah terinstall, maka akan membuat laptop Anda menjadi lambat. Karena itu, jika Anda ingin merawat laptop luar dan dalam, selamatkan laptop Anda dengan tidak menginstall tool Bonzi Buddy.

3. GoHip

GoHip adalah tools yang kesannya menjadi penambah nilai pada browser Anda. Akan tetapi malah sebaliknya. Ia menjadi perusak. Ia membuat browser Anda menjadi lambat. Karena itu, jangan pernah tertarik untuk menginstallnya.

4. Hotbar

Hotbar adalah tool yang hanya berhubungan dengan Internet Explorer. Katanya, dengan menginstall tool Hotbar akan membuat Internet Explorer Anda menjadi lebih cool. Namun nyatanya, ia malah mempersusah Anda. Koneksi internet Anda bakal lambat bila telah diinstal tool hotbar.

5. Xupiter Toolbar

Xupiter Toolbar adalah tool yang kerap memperdaya pemilik laptop. Apalagi jika tak mengerti tentang laptop dan tool gratis. Ketika ada tawaran untuk klik “Yes”, kemudian di klik, maka yang terjadi tool otomatis akan terinstall. Efek yang ditimbulkan Xupiter Toolbar adalah membuat laptop Anda menjadi lambat dan selalu muncul iklan. Karena itu, jangan pernah menginstalnya sekali pun.

Mudah-mudahan liputan informasi yang admind bagikan di atas bisa membantu Anda dalam memberikan solusi tentang perawatan laptop.

Ditulis Oleh : Yuliana Ningsih Mbojo // Minggu, Mei 26, 2013
Kategori:

0 comments:

Poskan Komentar