Minggu, 26 Mei 2013

Tips Cara Mencegah Pencemaran Air Terhadap Lingkungan

Secara umum, dari sumber pengertian pencemaran air yang dibedakan menjadi dua yaitu: sumber kontaminan langsung dan sumber kontaminan tidak langsung. Mengetahui beberapa penyebab tercemarnya air, secara tidak langsung dapat membantu Anda dalam memberikan penanganan yang tepat tentang bagaimana cara mencegah pencemaran air dengan baik dan benar.

Lebih dari 10 juta jenis zat kimia beredar dalam kehidupan manusia yang limbahnya masuk ke badan air dan membuat pencemaran. Maka pencemaran air harus dikendalikan sedemikian rupa untuk mencegah adanya dampak pencemaran air serta mengakibatkan kerusakan ekologi secara lebih luas. Cara mencegah pencemaran air merupakan satu-satunya hal yang mutlak dilakukan untuk menjaga ketersediaan air bersih untuk kehidupan.

penanggulangan pencemaran air.jpg
1. Gunakan air dengan bijaksana.

Cara mencegah pencemaran air pertama dan yang paling sederhana adalah hindari penggunaan air secara berlebihan. Apalagi jika air diambil langsung ke dalam perut air tanah. Di samping mengurangi cadangan air bersih, penyerapan air tanah secara berlebihan juga berdampak buruk pada keseimbangan lingkungan.

Saat ini, terutama di daerah perkotaan, eksploitasi terhadap air tanah sudah mencapai tahap memprihatinkan. Jika dibiarkan terus berlangung, bukan tidak mungkin akan timbul kerusakan lingkungan dalam taraf yang mengerikan.

2. Kurangi penggunaan deterjen.

Cara mencegah pencemaran air selanjutnya adalah meminimalkan penggunaan deterjen. Deterjen terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Umumnya, deterjen mengandung bahan surfaktan (surface active agent) yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada bahan. Surfaktan mengandung senyawa anionic, kationik, non ionic, dan amphoterik. Deterjen juga mengandung fosfat, asetat, silikat, zeolit, dan asam sitrat.

Senyawa dalam deterjen terbukti berpengaruh buruk terhadap lingkungan, apalagi jika dipakai dalam jumlah berlebihan. Karena itu, mengurangi deterjen adalah cara mencegah pencemaran air selanjutnya yang bisa dilakukan. Kalaupun menggunakan barang-barang tersebut, pilihlah secara bijaksana mana yang paling ramah untuk lingkungan.

Saat ini, telah tersedia bahan-bahan alternatif untuk mengurangi ketergantungan manusia terhadap deterjen. Misalnya sabun mandi dan pasta gigi herbal. Produk-produk tersebut lebih alami dan mudah diurai sehingga bisa mengurangi pencemaran.

3. Kurangi konsumsi obat-obat kimia.

Obat-obatan kimia yang kita konsumsi menimbulkan reaksi kimia dalam tubuh, dan sebagian terbuang lewat saluran sekresi. Namun, limbah kimianya masih berpeluang mengontaminasi air. Belum lagi dengan sisa obat kimia tidak termakan yang kita buang begitu saja ke tempat sampah. Senyawa kimianya akan bereaksi terhadap tanah dan menimbulkan pencemaran.

Cara mencegah pencemaran air yang berhubungan dengan penyebab tercemarnya air yang satu ini adalah bijaksana mengurangi obat-obat kimia, dan menggantinya dengan obat-obatan alternatif berbahan herbal. Selain berfungsi untuk regenerasi sel, sisa obat tidak akan menimbulkan pencemaran kimiawi.

4. Kurangi penggunaan obat nyamuk dan pembasmi serangga.

Kita sering dengan mudah menggunakan obat-obatan pestisida dan insektisida untuk mengusir nyamuk, kecoa, rayap, semut, dan sebagainya. Padahal, zat kimia yang kita semprotkan akan tersimpan di dalam tanah, membuat reaksi kimia yang mencemari lingkungan.

Cara mencegah pencemaran air yang bisa Anda lakukan terkait penyebab yang satu ini adalah tentu saja mengurangi penggunaan berbagai pestisida ataupun insektisida tersebut. Untuk membebaskan diri dari pengaruh hewan-hewan menjijikan tersebut, menjaga kebersihan rumah adalah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan.

5. Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai.

Banyak bahan sulit terurai yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya plastik dan styrofoam. Bahan tersebut memerlukan waktu ratusan tahun untuk terurai. Sayangnya, dengan mudah kita menggunakannya dan membuangnya ke tempat sampah. Tanpa disadari, penggunaan barang-barang tersebut bisa berdampak pada pencemaran air, apalagi jika barang-barang tersebut dibuang dengan sengaja di aliran-aliran air.

Cara mencegah pencemaran air akibat pencemaran yang dilakukan oleh benda-benda tersebut adalah membatasi penggunaan barang-barang tersebut. Agar kerusakan lingkungan tidak terjadi lebih lanjut. Gunakan bahan alternatif pengganti.

6. Kelola sampah rumah tangga dengan baik.

Pemisahan sampah organik dan non-organik memudahkan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Sebab, sampah-sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menimbulkan senyawa kimia akibat proses bakterial yang merusak ekologi air.

Cara mencegah pencemaran air yang pas adalah mengelola sampah secara mandiri, baik dengan oksidasi sederhana maupun menjadikannya kompos. Selain baik untuk meregenerasi lingkungan tanah, juga dapat mengurangi beban operasional pengelola sampah.

7. Menanam pohon.

Pohon dan tanaman hijau berperan sangat besar dalam mencegah pencemaran lingkungan, baik lingkungan udara, tanah maupun air. Polusi udara berkurang, berefek pada bersihnya atmosfer, dan air hujan tidak tercemar.

Tumbuhan juga membantu penyerapan air oleh tanah melalui rongga mikro yang dibentuk akar. Cara mencegah pencemaran air ini memang terbilang rumit. Namun, kerumitan yang diciptakan tidak akan sebanding dengan manfaat yang dihadirkan.

8. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Asap knalpot merupakan polutan utama yang mengontaminasi udara. Udara yang kotor secara tidak langsung akan mempengaruhi kebersihan air. Pengurangan penggunaan kendaraan bermotor diharapkan menekan tingkat emisi karbon dan menurunkan pencemaran udara. Cara ini juga termasuk dalam salah satu cara mencegah pencemaran air yang cukup ampuh.

9. Menggalakkan industri daur ulang.

Sampah-sampah yang tidak terkelola menjadi masalah tersendiri bagi lingkungan. Kebiasaan membuang sampah ke kali atau sumber air menjadi penyebab utama tercemarnya air. Karena itu, industri daur ulang sampah merupakan cara mencegah pencemaran air yang masuk akal.

10. Pengelolaan limbah pada industri rumah tangga.

Limbah industri rumah tangga adalah penyumbang pencemaran air tertinggi dalam lingkungan padat penduduk. Sebab, industri rumah tangga dan industri kecil menengah cenderung tidak mengindahkan pengelolaan limbah, sebagaimana terdapat dalam industri besar yang termuat dalam liputan informasi. Penyuluhan serta mencontohkan langkah-langkah konkret adalah cara mencegah pencemaran air yang bisa dilakukan.

Tips Cara Mencegah Pencemaran Air Terhadap Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *