Jumat, 24 Mei 2013

Penyebab Gigi Sensitif

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 45% orang di Indonesia menderita masalah gigi sensitif. Sayangnya, sekitar 52% di antaranya tidak menyadarinya dan enggan periksa ke dokter gigi. Mungkin karena penyebab gigi sensitif yang dirasakan itu datang dan pergi membuat orang selalu abaikan dan tidak mau tau apa penyebab gigi menjadi sensitif lalu mengira gejalanya dapat sembuh dengan sendirinya.

Masalah gigi yang satu ini bisa terjadi pada siapa saja. Kelainan gigi ini berbeda dengan kelainan gigi lainnya, gigi sensitif terjadi karena ada penipisan lapisan email gigi yaitu lapisan luar gigi. Akibatnya, lapisan gigi bagian bawahnya yaitu dentin (lapisan tengah gigi) pun terbuka.

penyebab gigi sensitif.jpg
Drg Rahma mengatakan adapun beberapa penyebab gigi sentitif diantaranya adalah:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam.

2. Penyikatan gigi yang terlalu kuat

3. Penggunaan bulu sikat gigi yang terlalu kasar atau keras

Untuk mendeteksi adanya gigi sensitif, Drg Rahma menjelaskan langkah sederhana sebagai berikut:
1. Ambil segelas penuh air es
2. Teguk dan kumur air es tersebut dan rasakan hingga air es terasa masuk ke seluruh sela-sela gigi
3. Diamkan selama beberapa saat
4. Apabila timbul rasa ngilu yang tajam dan sesaat pada salah satu gigi saja, maka ada kemungkinan memiliki gigi sensitif

Darimanakah rasa ngilu tersebut berasal?. seperti diketahui seperti apa yang termuat dalam liputan informasi ini, ketika email terbuka maka dentinpun akan terbuka, dentin terdiri dari tabung-tabung bernama tubula, jika terbuka dan kena rangsangan dingin, panas, manis atau asam akan memicu ujung saraf yang tersambung pada dentin, sehingga menimbulkan rasa ngilu yang cukup menyiksa.

Penyebab Gigi Sensitif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *