Jumat, 24 Mei 2013

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri Yang Unik

Jika Anda akan memberikan surprise dengan membuat kue ulang tahun yang unik untuk teman, kerabat, atau anak Anda yang akan berulang tahun. Tapi sebelumnya mungkin Anda sudah mengetahui 7 cara ucapkan selamat ulang tahun yang spesia, namun Anda ingin berikan kejutan yang istimewa dengan karia ataupun racikan tangan Anda senidiri dengan hadiah Kue ulang tahun.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana dalam menerapkan cara membuat kue ulang tahun yang unik dan lucu. Tapi sebelumnya Membuat kue ulang tahun sendiri dinilai lebih baik karena mampu menunjukkan rasa kasih sayang dalam keluarga. Membuat kue ulang tahun sebenarnya mudah-mudah saja, asalkan tahu cara membuatnya.

Langkah pertama

Dalam membuat kue ulang tahun adalah membuat rencana. Anda harus tahu bagaimana bentuk kue ulang tahun yang akan Anda buat. Pastikan Anda memiliki rencana yang bagus untuk membuat kue ulang tahun yang unik dan lucu. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menggambar sketsa terlebih dahulu sebagai desain rujukan dalam membuat kue ulang tahun.

Langkah kadua,

Menentukan bahan-bahn apa saja yang akan Anda perlukan untuk membuat kue. Jika sudah, langsung cari bahan-bahannya di supermarket. Jika Anda kesulitan menentukan bahan-bahhannya, berikut adalah bahan untuk cara membuat kue ulang tahun.

Bahan-bahan:

6 butir telur
125 gram gula pasir
1,5 sendok teh emulsifier, pastikan Anda mendapatkan tipe yang SP atau yang TBM. Bisa didapatkan di supermarket atau toko kelontong.
125 gram tepung terigu dengan kadar protein sedang, tetapi Anda bisa juga menggantinya dengan terigu biasa yang dijual untuk membuat kue.
30 gram cokelat bubuk. Jika Anda tidak menemukan cokelat bubuk, Anda bisa menggantinya dengan cokelat batangan. Hanya saja, Anda harus melelehkennya terlebih dahulu.
15 gram susu bubuk.
0,5 sendok teh baking powder.
125 gram margarin. Anda sebaiknya melelahken dulu margarin hingga berubah menjadi cair lalu tuangkan ke wadah dan biarkan hingga mendingin.
400 gram butter cream untuk mengoles. Butter cream bisa Anda buat sendiri dengan mengocok putih telur, gula, dan susu. Namun, jika Anda tidak ingin direpotkan dengan mengocok telur, Anda bisa membelinya di supermarket.

Langkah selanjutnya

Menyiapkan berbagai keperluan untuk memasak, seperti oven, loyang, dan keperluan yang lain. Untuk membuat isi kue, Anda memiliki dua pilihan, yaitu membuat kue ulang tahun yang polos tanpa isi atau membuat kue yang ada isinya. Untuk memastikan bahwa Anda benar-benar membuat kue ulang tahun yang unik, Anda sebaiknya menyertakan isi kue.

Berikut adalah bahan-bahan untuk cara membuat kue ulang tahun:

Bahan isi:

100 gram susu cair.
250 gram cokelat masak pekat. Anda bisa memilih dark cokelat yang masih asli. Pastikan tidak ada campuran susu di dalamnya. Setelah itu, potong-potong dengan ukuran yang sekecil mungkin. Jika perlu, Anda bisa mencincangnya dengan pisau berukuran besar.
100 gram kacang madu. Kacang madu yang bertekstur lembut sangat mudah dihancurkan. Namun, Anda sebaiknya mencincangnya hingga berbentuk potongan kecil-kecil, tetapi jangan terlalu kecil.

Setelah itu, Anda bisa menyiapkan bahan untuk toping kue ulang tahun. Bahan toping untuk kue ulang tahun bisa disesuaikan dengan tema yang Anda pilih di awal. Karenanya, pastikan Anda mendapatkan semua bahan untuk melengkapi kue ulang tahun sesuai dengan rancangan awal Anda. Secara umum, berikut adalah bahan-bahan untuk membuat toping.

Bahan toping:

100 gram susu cair
1 sendok makan madu
200 gram cokelat masak yang masih pekat, lalu potong-potong sesuai dengan keinginan.
Tambahkan berbagai aksesories atau toping tambahan yang sesuai dengan desain awal Anda.

Untuk membuat sirup, beri bahan-bahan yang manis agar rasa kue semakin tajam, tetapi tidak terlalu manis. Berikut adalah bahan-bahan untuk sirupnya.

Bahan sirup:

2 sendok makan gula pasir
2 sendok akan air hangat
2 sendok makan esens rum

Kini Anda sudah siap untuk memulai pengerjaan cara membuat kue ulang tahun. Langkah pertama setelah menyiapkan bahan-bahannya adalah membuat cake. Membuat cake adalah bagian yang paling mudah. Anda cukup mencampurkan bahan-bahan pembuat cake di atas.

Cara membuat:

Kocok telur hingga rata dan jangan menyisakan kuning telur yang masih menyatu. Setelah itu, masukkan gula pasir dan emulsifier. Campurkan dan kocok sampai adonan menjadi mengembang.

Setelah itu, tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk/cokelat batangan yang sudah dicairkan, susu bubuk, dan baking powder. Aduk adonan sampai benar-benar rata dan kental.

Setelah adonan benar-benar rata, masukkan margarin yang sudah dilelehkan, cokelat pasta seidkit saja. masukkan bahan-bahan tambahan tersebut sambil tetap mengaduk adonan secara perlahan. Jangan berhenti mengaduk sampai semua bahan benar-benar tercampur rata.

Tuangkan pada loyang yang memiliki diameter 22 cm dan tinggi 7 cm. Sebelum menuang, oleskan margarin dan jangan lupa diberi alas kertas roti di bagian dalam. Masukkan ke dalam oven dengan selama 35 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

Untuk membuat isi, langkah pertama adalah memanaskan susu cair. Setelah panas, matikan api lalu masukkan potongan cokelat yang sudah dicincang. Setelah itu, aduk sampai cokelat benar-bendar larut dan menyatu dengan susu panas. Setelah larut, tambahkan dengan cokelat madu lalu biarkan hingga dingain. Setelah adonan susu, cokelat, dan kacang madu dingin, kocok hingga rata.

Setelah cake matang, keluarkan dari oven, tunggu hingga dingin dan belah cake menjadi tiga lapis. Ambil lembaran pertama cake dan olesi dengan bahan sirup yang kemudian ditimpa dengan bahan isi. Setelah itu, tutup lagi dengan lapisan cake selanjutnya dan lakukan hal yang sama untukk lapisan kedua. Tutup keseluruhan cake dengan butter cream, dan haluskan. Setelah itu, di anginkan

Cara membuat toping:

Anda bisa memulai dengan memanaskan susu cair dan madu. Setelah panas, matikan api dan masukkan cokelat yang sudah dicincang dan aduk hingga cokelat cincang larut.

Toping dapat dituangkan di atas cake sampai sisinya hingga rata, setelah itu, dinginkan dan hias kue seusai dengan keinginan Anda. Anda bisa menghias kue dengan buah-buahan, seperti stroberi, kiwi, apel, atau yang lainnya.

Begitulah cara membuat kue ulang tahun yang unik dan enak. Coba praktikan resep ini di rumah dan sajikan sebagai kue istimewa untuk sanak saudara Anda. Namun sebelum membuat, pastikan Anda memilih bahan-bahan berkualitas dan segar, agar hasil kue yang didapat lebih enak dan terjamin kualitasnya.

Hias keu semenarik mungkin agar kue yang di dapat lebih menarik. Ekspresikan jiwa seni Anda dan jangan takut untuk menghias dengan beragam idse menarik Anda. Agar kue yang dihasilkan lebih orisinil dan unik. Jika Anda hobi memasak atau mencari resep masakan dan memang benar-benar tertarik ingin membuatnya sendiri dirumah, Silahkan cari liputan informasi seputar Aneka resep membuat kue di mbah google cara membuat kue ulang tahun. Disana terdapat banyak tutorial khusus cara membuat kue yang benar
Semoga dengan tips cara membuat kue ulang tahun di atas bisa memberikan referensi buat Anda dalam menciptakan kreasi kue ulang tahun yang menarik.Selamat mencoba!

1 comments: