Kamis, 22 Agustus 2013

Cara Instal Windows XP

Sebelum memulai langkah cara instal windows xp, pastikan spesifikasi CPU Anda minimal sebagai berikut, yaitu memakai processor 233 Mhz, memiliki RAM berukuran 64 MB, ukuran VGA 24 MB, dan memiliki sisa memori di hard disk minimal 3 GB. Memakai hardware dengan spesifikasi lebih tinggi dari yang disebutkan, justru lebih baik. Performa komputer nantinya akan jauh lebih maksimal dibandingkan dengan kinerja CPU yang teknologinya pas-pasan.

Dalam "panduan cara Instal Microsoft Windows Xp" ini, melalui liputan informasi berikut akan diulas dua cara untuk menginstal, yaitu menginstal Windows XP memakai keping cakram dan trik untuk mengakali agar proses penginstalan bisa berlangsung lebih cepat. Mengingat proses instal butuh waktu lama, dengan trik ini diharapkan akan memberikan efisiensi waktu untuk menginstal. Trik cara instal Windows XP ini membantu Anda untuk lebih cepat menggunakan Windows XP untuk menunjang pekerjaan.

Cara Memperbaiki Windows XP.jpg

Cara Instal Windows XP

Sebelum memulai langkah penginstalan, aturlah booting komputer Anda tertuju untuk langsung mengakses optical drive. Masuklah ke BIOS dengan tombol yang sesuai dengan komputer Anda. Biasanya memakai tombol Del, F1, atau F2. Setelah masuk, pilih Advanced Settings > Boot Priority, lalu pilih CD-ROM atau tulisan lain yang menunjuk optical drive. Jadikan CD-ROM sebagai prioritas pertama untuk booting. Setelah selesai, tekan F10 dengan dilanjutkan menekan tombol Y (Yes). Settingan Anda kemudian akan disimpan. Selanjutnya, urutan cara instal windows xp adalah sebagai berikut.

Restart komputer Anda dan masukkan keping cakram Windows XP ke optical drive. Tunggu sejenak, lalu tekan enter atau tombol mana saja ketika keluar tulisan “Press any key to boot from CD”. Tampilan kemudian berwarna biru dengan tulisan “Windows Setup”, yang menunjukkan sedang bekerja mengidentifikasi hardware komputer Anda.

Langkah cara instal WindowsXP selanjutnya adalah memilih proses selanjutnya yang tampil pada petunjuk navigasi. Untuk menginstal, tekan Enter dan acuhkan pilihan Repair (R). Setelah itu, keluar informasi License Agreement. Untuk menyetujuinya, tekan F8 dan Anda akan dibawa ke halaman petunjuk navigasi untuk memilih partisi hard disk yang akan digunakan.

Secara otomatis, Windows akan memilih partisi C untuk tempat penginstalan, jika hard disk Anda sudah terpartisi sebelumnya. Tinggal tekan Enter untuk melanjutkan. Kalau hard disk Anda baru dan belum terpartisi, atau ingin membuat partisi baru, tekan tombol C. Tentukan berapa partisi yang Anda inginkan dan besarannya. Satuan yang dipakai adalah megabyte (MB). Jadi, untuk setiap 1 gigabyte (GB) di hard disk Anda, mewakili 1.000 MB. Setelah menentukan ukuran, tekan Enter dan jadilah partisi Anda. Selanjutnya, letakkan pilihan ke partisi C dan tekan Enter.

Selanjutnya, cara instal windows xp dihadapkan pada pilihan File System. Biar proses berjalan cepat, pilih “Format the partition using the NTFS file system (Quick)”. Lalu, layar akan segera melakukan format partisi, yang dilanjutkan mengcopy file instalasi ke hard disk. Setelah itu, komputer akan restart sendiri.

Cara instal windows xp selanjutnya masuk ke tampilan splash screen Windows, yang dilanjutkan dengan tampilan instalasi. Tugas Anda hanya menunggu sampai setup selesai dan muncul pengisian preferensi pribadi Anda. Isi sesuai kehendak Anda dan lanjutkan dengan menekan Next.

Cara instal windows xp kemudian masuk ke pengisian serial number software Windows XP Anda dan tekan Next. Lalu, isi pengaturan tanggal dan waktu sekarang. Untuk waktu, pilih GMT+7 untuk negara Indonesia. Tekan Next lagi.

Tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan konfigurasi network. Pilih saja “Typical Settiing” dan dilanjutkan mengatur Workgroup dan Computer Domain. Di sini tinggal tekan Next saja jika tidak mau ribet.

Setelah selesai, atur network cara instal windows xp sampai pada pengaturan layar yang otomatis dilakukan Windows. Jika diminta mengonfirmasi tampilan layar, maka pilih OK.

Proses cara instal windows xp hampir selesai. Windows otomatis menampilkan splash screen yang dilanjutkan dengan animasi “Welcome to Microsoft Windows”. Tekan saja pilihan Next untuk melanjutkan.

Berturut-turut, Anda akan menemui tampilan pengaturan keamanan, pemeriksaan koneksi internet, dan aktivasi Windows. Pilih sesuai keinginan Anda dan tekan Next pada masing-masing tampilan untuk melanjutkan.

Cara instal windows xp terkahir, Anda tinggal mengisi akun pengguna yang akan memakai komputer Anda. Kalau hanya Anda yang pakai, cukup isi pada baris pertama saja. Lalu, tekan Finish dan Windows XP siap digunakan. Anda selanjutnya tinggal menginstal driver-driver bawaan hardware untuk memuluskan performa komputer. Cara instal windows xp berakhir di sini.

Dengan adanya tips cara instal windows xp di atas, semoga bisa di jadikan acuan dalam memperbaiki windos komputer Anda.

Cara Instal Windows XP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *