Kamis, 15 Agustus 2013

Jenis Makanan untuk Melancarkan Haid

Haid adalah sebuah perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita. Haid terjadi secara berkala karena dipengaruhi oleh hormon reproduksi, yaitu FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Haid ini akan terus belangsung kepada wanita dari usia remaja hingga menopause.

Melancarkan Haid.jpg


Umumnya, pada wanita siklus datang bulan itu 28 hari. Jadi setelah 28 hari berlalu, Anda akan kembali mengalami fase datang bulan. Akan tetapi, tidak semuanya seperti itu, setiap wanita punya siklus yang berbeda-beda. Ada yang setiap 21 hari, sampai dengan 30 hari. Dan buat yang mengalami gejala tidak mengenakan ketika dalam masa menstruasi, langsung periksakan, dan ga ada salahnya jika Anda coba menyimak kembali beberapa hal yang perlu diketahui mengenai menstruasi. Bisa jadi ada kelainan yang bersarang di tubuh Anda. Walaupun belum pasti, kewaspadaan harus diutamakan.

Sebagai wanita, menjaga kesehatan adalah yang paling penting. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering diserang ancaman penyakit. Salah satu kesehatan yang harus dijaga adalah kelancaran haid Anda. Ada berbagai macam cara untuk menjaganya, salah satunya mengonsumsi makanan-makanan sehat. Apa sajakah makanan tersebut?

Brokoli

Brokoli berguna bagi Anda yang mengalami siklus haid tidak teratur. Brokoli bisa membuat sirkulasi haid Anda kembali lancar dan teratur. Usahakan selalu menyertakannya dalam menu harian Anda. Selain itu, bagi Anda yang sedang diet bisa mengonsumsinya untuk membantu penurunan berat badan.

Ikan Salmon

Salmon memang sangat enak bila dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa salmon juga bisa membantu saat datang bulan? Sama seperti brokoli, salmon juga berguna untuk memperlancar siklus datang bulan. Di dalam ikan salmon terdapat vitamin D dan kalsium yang bisa memperkuat tulang, serta menstabilkan hormon. Kestabilan hormon (estrogen) itu lah yang akan membuat haid semakin teratur.

Salah satu hormon yang berperan penting pada wanita adalah hormon estrogen yang biasa disebut juga “hormon wanita”. Saat Anda datang bulan, kadar estrogen akan menurun, sedangkan hormon progesteron meningkat.

Kondisi demikian bisa berpengaruh terhadap produksi hormon. Hormon paling utama adalah hormon serotonin, yaitu pengendali kestabilan emosi.Proses tersebut adalah yang menyebabkan emosi berlebihan ketika Anda haid dan membuat Anda mengalami PMS atau premenstrual sindrome.

Dengan adanya perubahan tersebut, Anda yang sedang datang bulan akan mengalami beberapa keluhan dan perubahan. Sebut saja cepat lelah, sakit perut bagian bawah, punggung, sakit kepala, timbul jerawat, dan gejala-gejala lain saat Anda datang bulan. Oleh karena itu, kestabilan hormon harus dijaga dengan mengonsumsi ikan salmon.

Sayuran Berdaun Hijau

Biasakanlah menyantap makanan yang berdaun hijau. Misalnya, asparagus, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. Berbagai macam sayuran tersebut juga bisa melancarkan siklus menstruasi.

Minyak Ikan

Minyak ikan banyak mengandung Omega 3 dan merkuri. Kedua zat itu sangat baik untuk tubuh. Omega 3 memiliki peran untuk melindungi pembuluh darah pada ovarium agar tidak rusak. Jika pembuluh darah tersebut rusak, pastinya akan menunda haid sehingga tidak lancar.

Kacang Almond

Siapa bilang bahwa mengonsumsi kacang-kacangan ketika haid adalah sebuah pantangan? Banyak orang yang beranggapan , bila memakan kacang-kacangan saat haid akan menimbulkan jerawat. Ternyata anggapan itu salah, ketika haid Anda malah perlu untuk mengonsumsi kacang, terutama almond.

Almond merupakan kacang yang bergizi juga sehat karena memiliki protein serta serat yang bisa menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Dengan demikian, siklus haid Anda akan lancar.

Biji Wijen

Satu lagi makanan yang dapat membantu dalam kelancaran siklus haid Anda, biji wijen. Tambahkan lah biji wijen dalam makanan Anda, misalnya pada roti. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan karena bisa meningkatkan panas tubuh.

Yogurt dan Susu Kedelai

Dua makanan yang terbuat dari susu ini kaya akan kalsium dan protein. Dengan mengonsumsi keduanya setiap hari, tubuh Anda akan semakin sehat, dan tentu saja sirkulasi haid akan berjalan lancar.

Itu lah jenis makanan yang wajib Anda konsumsi agar siklus haid lancar. Semoga liputan informasi tentang wanita tersebut di atas bisa bermanfaat.

Jenis Makanan untuk Melancarkan Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *