Rabu, 22 Mei 2013

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Menstruasi

Pengetahuan tentang ciri-ciri menstruasi memang diperlukan oleh para wanita. Penjelasannya karena ini memiliki hubungan langsung dengan kehidupan wanita. Ini berhubungan dengan kemampuan reproduksi yang dimiliki oleh wanita. Sebenarnya jika sudah berkenaan dengan hal itu, informasi mengenai menstruasi bukan hanya bermanfaat untuk kaum wanita, melainkan juga kaum lelaki.

Mengenai Menstruasi.jpg
Berikut ini ada lima hal yang perlu diketahui tentang menstruasi.

1. Hadirnya Jerawat

Pada saat atau menjelang menstruasi, wanita seringkali mengeluhkan tentang jerawat yang muncul. Meski pun tidak banyak, hadirnya jerawat cukup dirasa menjengkelkan. Jerawat datang setiap kali menjelang menstruasi karena perubahan hormonal. Banyak wanita yang merasa terganggu dengan datangnya jerawat menjelang menstruasi. Normalkah hal ini? Setiap wanita yang sedang datang bulan mengalami perubahan hormonal.

Perubahan hormonal ini memicu kerja kelenjar keringat pada kulit sehingga menyebabkan minyak lebih banyak. Minyak yang lebih banyak ditambah dengan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Tidak perlu khawatir karena jerawat yang muncul terjadi karena perubahan hormonal dan biasanya akan segera hilang saat menstruasi selesai. Namun demikian tak ada salahnya menjaga kebersihan kulit lebih sering saat menstruasi agar terhindar dari jerawat.

Setidaknya, hal ini dapat mengurangi munculnya jerawat. Bersihkan wajah dengan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit setiap mandi dan setiap habis bepergian. Selain itu, kurangi makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti kacang-kacangan, coklat, atau makanan yang manis-manis.

Berhenti mengeluhkan hadirnya jerawat yang timbul secara wajar. Jika hanya satu atau dua atau tiga jerawat, jangan terlalu khawatir. Jangan buat hidup Anda seperti drama, yang langsung heboh ketika melihat ada jerawat yang bertengger, apalagi jerawat tersebut muncul pada saat Anda menstruasi. Coba lah bersikap wajar.

2. Gangguan Hormonal

Gangguan hormonal dan stres dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Ada hal lain yang harus Anda ketahui tentang menstruasi, yaitu keteraturan siklus menstruasi bisa disebabkan oleh gangguan hormonal dan stres. Gangguan hormonal dan stres dapat menyebabkan terganggunya kematangan sel telur. Bisa terjadi sel telur tidak matang atau belum ovulasi.

Selain masalah hormonal dan stres, diet yang ketat yang tidak dilakukan atas petunjuk dokter serta infeksi juga dapat menyebabkan gangguan ketidakteraturan menstruasi. Jika menstruasi tidak teratur selama tiga siklus berturut-turut segeralah berkonsultasi pada dokter agar dapat segera dicari tahu penyebabnya.

3. PMS

PMS merupakan hal yang normal. Setiap wanita yang akan mengalami menstruasi seringkali dihadapkan pada gangguan hormonal yang mempengaruhi aktivitasnya. Gangguan hormonal sebelum menstruasi biasa terjadi beberapa hari yaitu 10 hingga 7 hari menjelang menstruasi umumnya dikenal dengan sebutan PMS atau pre menstrual syndrome.

PMS bukan penyakit dan normal dialami oleh setiap wanita yang akan mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS bervariasi mulai dari emosi yang naik turun, sakit kepala, nyeri pinggang, kram perut, migraine dan sebagainya. Derajat PMS berkisar dari derajat satu yaitu yang paling ringan hingga derajat tiga yaitu yang paling berat.

Pada derajat satu umumnya seorang wanita masih dapat melakukan aktivitas seperti biasanya, namun pada derajat tiga dapat terjadi pula seorang wanita tidak dapat beraktivitas karena nyeri yang tertahankan atau bahkan pingsan. Keluhan ini seringkali berlanjut hingga masa menstruasi selesai.

Yang paling dominan dari PMS ini adalah lonjakkan emosi naik turun yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu juga akan timbul. Masa-masa perubahan hormon dari normal menuju menstruasi berakibat pada mood wanita.

Liputan Infoemasi tentang menstruasi yang ini juga penting untuk diketahui oleh kaum pria. Agar, ketika pasangan tiba-tiba moodnya jelek, atau tiba-tiba mudah marah, Anda tidak ikut-ikutan marah. Maklumi saja, karena pasangan Anda tengah dalam masa PMS. Jika menstruasi telah berjalan, moodnya akan cenderung kembali normal.

4. Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi yang tidak teratur berpengaruh pada kesuburan. Menstruasi berkaitan dengan kesuburan atau infertilitas. Meskipun demikian, tidak semua kasus infertilitas disebabkan karena masalah menstruasi. Masalah yang satu ini kerap membuat Anda khawatir.

Ketidakteraturan menstruasi yang menjadi salah satu penyebab infertilitas bisa terjadi karena terlalu panjangnya siklus menstruasi (misalnya menstruasi dua bulan sekali), terlalu pendeknya siklus menstruasi (misalnya menstruasi tiap 20 hari sekali), muncul flek, dan sebagainya.

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari sekali. Karenanya, disarankan untuk segera memeriksakan diri apabila terjadi gangguan menstruasi seperti ini. Ketidakteraturan siklus menstruasi ini disebabkan oleh beberapa hal. Anda mungkin stres? Kecapekan? Nah, itu bisa juga menjadi penyebab mengapa menstruasi Anda tidak lancar. Tetapi, untuk info lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

5. Menstruasi Pertama Setelah Nifas

Menstruasi pertama setelah nifas berbeda-beda pada setiap wanita. Hal terakhir yang sering menjadi pertanyaan tentang menstruasi adalah menstruasi setelah nifas. Tidak ada batasan yang jelas kapan wanita yang habis melahirkan mendapatkan menstruasi pertama mereka setelah nifas selesai.

Ada wanita yang langsung mendapatkan menstruasinya setelah masa nifas selesai, yaitu setelah 40 hari. Namun ada pula yang baru mengalami menstruasi lagi setelah berbulan-bulan lamanya, bahkan hingga setahun.

Perbedaan ini bergantung pada banyak hal. Menyusui secara eksklusif dan jenis kontrasepsi yang digunakan dapat berpengaruh pada datangnya menstruasi.

Saat ibu menyusui bayinya secara eksklusif tubuh akan memproduksi zat bernama prolaktin yang terdapat di dalam ASI. Produksi prolaktin ini mengakibatkan tidak terjadinya ovulasi atau menstruasi.

Tertundanya menstruasi juga dapat terjadi jika wanita tersebut menggunakan kontrasepsi hormonal seperti pil dan suntik.
Beberapa hal tentang menstruasi, mulai dari jerawat hingga ketidakteraturan siklus memang menjadi bagian dari tamu bulanan ini. Lebih rumit dari itu, menstruasi merupakan proses perontokkan sel telur yang tidak dibuahi. Maka dari itu, kenapa menstruasi tidak keluar ketika Anda hamil. Jadi, informasi tambahan untuk Anda, apabila Anda telah menstruasi, segera periksakan ke dokter, karena siapa tahu ada janin yang hidup di rahim Anda.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Menstruasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *