Sabtu, 18 Mei 2013

Makna Sebuah Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan sesuatu paling mendasar yang diterima setiap insan. Kasih sayang juga bisa dikatakan sebagai suatu hak yang harus diterima, karena secara psikologi sangat berpengaruh dalam tumbuh kembangnya seseorang. Makna sebuah kasih sayang yang dimaksud di sini bukan sekadar hubungan cinta atau asmara dengan sekedar mengucapkan kalmat romantis antara seorang laiki-laki dan perempuan saja, melainkan lebih bersifat universal. Dengan begitu, hal ini bisa terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain.

Dan yang perlu ditekankan adalah, bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor duakan demi memberi kebahagiaan pada orang yang dikasih dan disayanginya.

makna kasih sayang.jpg
  • Kekuatan Dari Kasih dan Sayang

Kasih, sayang dan cinta. Itu semua adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada kita semua. Tujuannya untuk menciptakan kehidupan damai di dunia agar selalu diliputi dengan ketentraman. Untuk itulah setiap orang perlu mengerti makna kasih sayang dan arti cinta agar bisa saling menghargai kepribadian dari orang lain, meski dia punya perbedaan dengan kita.

Dari sinilah keharmonisan yang aman serta penuh kemesraan akan tercipta. Setelah itu akan muncul daya cipta yang terwujud dalam bentuk cinta, baik cinta kepada sesama manusia, lingkungan dan Sang Maha Pencipta, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Apabila seseorang telah memiliki rasa kasih sayang terhadap sesuatu, akan berusaha melakukan apa saja yang bisa diperbuat untuk menunjukkan rasa sayangnya tersebut. Rasa kasih sayang selalu melahirkan kesediaan untuk berkorban. Tidak heran bila muncul sebuah ungkapan bahwa cinta adalah pengorbanan.

Rasa kasih sayang daapt dikatakan sebagai kekuatan yang sangat dahsyat. Kedahsyatan ini muncul, karena kasih sayang mampu melahirkan pengabdian dan juga pengorbanan dalam hal apapun. Contohnya kasih sayang yang timbul dalam percintaan.

Seorang pria yang sedang jatuh cinta kepada seorang wanita dan juga sebaliknya, rela melakukan apapun agar bisa mendekatinya. Pengorbanan apapun akan dilakukan, agar bisa mendapatkan cintanya.

Kasih sayang ternyata mempunyai kekuatan pengerak yang luar biasa hebatnya. Mampu mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Mengubah sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata.

  • Menciptakan Rasa Kasih dan Sayang Dalam Keluarga

Kasih sayang itu bagaikan air yang mengalir, kadang bisa terbendung (terhenti), kadang juga bisa terus mengalir tanpa menemui titik temu.

Manusia pada hakikatnya mempunyai rasa sayang yang berbeda-beda, ada rasa sayang terhadap keluarga, pasangan, dan juga teman. Akan tetapi, kasih sayang yang paling indah dan hebat adalah terhadap keluarga. Hal ini dikarenakan. Di dalam keluarga setiap orang akan merasalan perasaan tentram dan damai.

Setiap manusia pastinya sangat mencintai anggota keluarganya tanpa memerlukan alasan apapun. Setiap orang selalu berusaha untuk saling menjaga anggota keluarganya dari apapun itu. Kasih sayang orangtua terhadap anak kandungnya sendiri adalah hal terindah dalam sebuah keluarga. Orangtua selalu berusaha melakukan yang terbaik demi kebahagiaan dan kebaikan anaknya.

Seseorang yang di didik penuh kasih sayang tentunya bisa menjadi individu yang lebih baik. Hal ini berbanding terbalik dengan individu yang kekurangan kasih sayang. Dewasa ini, banyak sekali orang yang berpandangan bahwa uang adalah segala-galanya. Dengan begitu, orangtua lebih menomor satukan mencari uang untuk anaknya dibandingkan dengan kasih sayang.

Anak yang kekurangan kasih sayang cenderung melakukan hal-hal yang negatifatau disebut dengan kenakalan remaja. Hal ini dikarenakan anak tersebut merasa kurang mendapatkan perhatia dari orangtuanya. Kenakalan tersebut mereka lakukan, agar orangtua memperhatikannya.

Orangtua seharusnya memberikan kasih sayang yang cukup kepada anaknya. Tanpa adanya kasih sayang, seorang anak bisa tumbuh menjadi individu yang brutal. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penelitian mengenai kenakalan remaja, sebagian besar disebabkan kurangnya perhatian orangtua terhadap anak tersebut.

Kasih sayang mengajarkan banyak hal kepada manusia. Kasih sayang memberikan kepekaan kepada setiap indan untuk senantiasa berbagai kasih terhadap sesama. Dengan adanya kasih sayang mampu mengubah banyak individu kearah yang lebih baik

Agar di dalam suatu keluarga bisa tercipta rasa saling sayang dan mengasihi, masing-masing anggota keluarga harus selalu berusaha menciptakan kebahagiaan bagi anggota keluarga yang lain. Ibu memberi rasa sayang pada bapak dan anaknya, kemudian bapak mencurahkan semua perhatian pada istri dan keturunannya. Sementara itu, anak bisa memberikan rasa cinta dan hormatnya pada kedua orangtuanya.

Hal ini akan menyuburkan perasaan saling terikat antara satu dan yang lain dan menjadi kesatuan yang tak terpisahkan. Apa yang menjadi kesedihan bagi salah satu anggota keluarga, akan menjadi kesedihan bagi semuanya. Demikian pula bila ada yang mendapat kebahagiaan, semua bisa ikut merasakan kebahagian yang menjadi milik bersama itu.

Ini semua bisa terlaksana bila setiap anggota keluarga, terutama pihak orangtua bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anaknya. Hal ini dikarenakan sang anak sejak dia lahir selalu ikut orangtua, secara mental dia juga menjadikan orangtuanya sebagai panutan dalam menjalani hidupnya.

Orang tua yang baik dan mengerti akan makna kasih sayang pasti akan mengajari anaknya tentang bagaimana cara mengasihi dan menghormati anggota keluarganya dan orang lain dalam hidup bermasyarakat. Dan yang tidak kalah penting adalah juga selalu berusaha menghilangkan rasa benci dan dendam bila terjadi permasalahan di antara mereka.

Setiap permasalahan yang ada di dalam kehidupan harus ditanggapi dengan bersih. Dengan begitu, kerukunan satu sama lain tetap terjaga.

Hidup akan terasa indah bila kita selalu diliputi dengan saling mencinta, saling memberi kasih dan saling menyayangi tanpa memandang perbedaan baik itu warna kulit, agama, kehidupan sosial, ekonomi dan lain-lain.

  • Kebutuhan Akan Rasa Kasih Sayang

Kebutuhan akan kasih sayang sangatlah penting di dalam keluarga,tidak hanya kasih sayang yang di berikan orangtua kepada anaknya. Namun, seorang anak juga harus bisa memberikan kasih sayang terhadap orangtuanya.

Terkadang seorang anak selalu berpikir bahwa memberikan kebahagiaan kepada orangtua adalah ketika dirinya sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Padahal, anak-anak yang masih berstatus sebagai pelajar pun bisa memberikan kebahagiaan kepada orangtuanya dengan cara sederhana. Misalnya membantu pekerjaan rumah orangtua, seperti menyapu, mengepel atau hal lainnya. Dengan begitu, orangtua akan merasa bangga karena anaknya mempunyai hati yang tulus meringankan pekerjaannya tersebut.

Semoga apa yang termuat dalam liputan informasi tentang makna serta arti dari sebuah kasih sayang di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua.. Amin..

Makna Sebuah Kasih Sayang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *