Kamis, 09 Mei 2013

Pengaruh Warna Rumah Terhadap Penghuninya

Tentang pengaruh warna, kata umum atau general untuk menjelaskan sebuah efek cahaya yang di tangkap oleh mata kita agar dapat melihat bentuk di sekeliling kita dan membedakannya. Tapi untuk saat ini banyak peneliti yang melakukan penelitian mengenai warna, yang dimaksud disini ialah pengaruh pengaruh warna rumah terhadap penghuninya, terutama pengaruhnya terhadap kesehatan, bahkan sampai kehidupan sosial kita sendiri.

Warna rumah.jpg

Warna rumah adalah cerminan pemiliknya. Warna juga mempunyai efek psikologis yang sangat kuat terhadap pengguna warna. Biasanya warna juga mempunyai efek yang kuat terhadap pikiran. Pikiran akan terasa jernih jika memandang warna-warna yang natural. Sebaliknya, pikiran akan tambah semakin pusing jika melihat warna-warna yang gelap dan mencolok. Warna juga dapat membuat Anda semakin rileks dalam bertindak. Untuk itulah mengapa pentingnya memilih warna cat rumah sendiri. Apabila Anda puas, walaupun rumah Anda kecil, pasti Anda akan betah berlama-lama di dalamnya.

Berikut adalah Pengaruh Warna Rumah Bagi Penghuninya

1. Pengaruh Warna Rumah - Warna Oranye

Warna oranye memberikan kesan hangat, membangkitkan semangat, ceria, dan penuh energi bahagia. Warna oranye ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang makan bahwa di ruang makan inilah seluruh keluarga berkumpul dan menikmati suasana makan dengan ceria.

2. Pengaruh Warna Rumah - Warna Biru

Warna biru biasanya melambangkan warna laut atau warna langit. Warna ini jika dipakai sebagai warna rumah atau ruang maka akan memberikan ketenangan, kesunyian, perlindungan, kenyamanan bagi pemakainya. Efek lain dari warna biru pada ruangan adalah memberikan kesan bahwa ruang itu menjadi lebih luas. Warna biru sangat cocok diaplikasikan pada ruang tidur.

3. Pengaruh Warna Rumah - Warna Hijau

Warna hijau juga sangat cocok diaplikasi untuk ruang tidur karena warna hijau menggambarkan suasana alam yang asri, teduh, santai, alami, dan memberikan kesan sejuk dan menyegarkan. Selain itu, warna hijau mampu memberikan efek menenangkan bagi penghuninya karena itulah warna hijau tersebut jika diaplikasikan di kamar tidur akan mampu memberikan suasana istirahat yang berkualitas bagi penghuni kamar itu.

4. Pengaruh Warna Rumah - Warna Cokelat

Warna cokelat sering dikenal juga dengan warna kayu. Warna ini akan memberikan kesan alami, akrab, dan berkesan hangat. Warna cokelat ini jika digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga akan dapat memberikan suasana yang akrab bagi seluruh anggota keluarga di dalam rumah itu. Warna cokelat juga dapat diaplikan untuk ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan kosong atau dingin.

5. Pengaruh Warna Rumah - Warna Abu-abu

Warna abu-abu sangat cocok digunakan untuk rumah-rumah dengan gaya minimalis. Warna abu-abu akan menciptakan suasana yang menenteramkan dan memberikan kesan luas pada ruangan. Terlalu banyak menggunakan warna abu-abu akan menyebabkan suasana yang dingin dan kaku.

Oleh karena itu, warna abu-abu tetap harus dikombinasikan dengan warna lain agar lebih meriah dan memberikan paduan warna yang menyamankan pandangan mata.

6. Pengaruh Warna Rumah - Warna Hitam

Warna hitam ini sangat jarang digunakan untuk ruangan karena jika tetap digunakan maka akan memberikan kesan gelap. Namun, penggunaan warna hitam untuk interior seperti kusen jendela, kusen pintu, atau perabot akan memberikan kesan megah dan elegan.

7. Pengaruh Warna Rumah - Warna Putih

Ini adalah warna netral. Warna ini sangat cocok jika dipadukan dengan warna apa pun. Warna putih akan menggambarkan kebersihan, kepolosan, dan jika warna putih ini dipakai pada ruangan yang sempit akan memberikan kesan lebih besar dan lebih lebar pada ruangan itu.

Warna putih sangat cocok digunakan pada dapur sehingga dapur juga akan terlihat selalu bersih. Ketika satu warna sudah ditentukan untuk satu ruangan maka untuk mengubah suasana di dalam ruangan tersebut tidak perlu melakukan perubahan warna ruangan lagi. Atau mencoba mendekorasi ulang ruangan tersebut.

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan suasana yang berbeda dari ruangan yang sama. Caranya adalah dengan menambahkan perabotan tertentu seperti meja berwarna, mengganti gorden, sofa, seprai, cover cushion. Bisa pula menambahkan bantal sofa yang full color untuk menciptakan kombinasi warna baru yang akan memberikan suasana baru bagi ruangan itu.

Warna pun memiliki peranan penting pada kehidupan, seperti halnya kita menyatu oleh warna  serta menjadikan seseorang mempunyai kepribadian berdasarkan warna yang disukai oleh nya. Jika tidak ada warna, dunia Anda tentu menjadi tidak berwarna. Namun jangan lupa, selaraskan dan seimbangkan dengan alam sekitarnya.

Nah selanjutnya, ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda simpulkan jika ingin memilih sendiri warna desain rumah Anda:

Berembuklah terlebih dahulu pada keluarga. Setiap orang memiliki warna dan karakternya masing-masing. Tanyakan pada keluarga Anda, mereka mencintai warna apa. Lantas padu-padankan hal tersebut dengan rumah Anda.

Walaupun warna dapat memberi keindahan pada rumah Anda, tapi ingatlah satu hal, warna pun dapat memberikan pengaruh dalam suasana hati. Jika Anda bertipe keras dan gampang marah, jangan memilih warna-warna yang gelap seperti merah, coklat, abu-abu dan hitam pada dinding rumah karena warna itu sama sekali tidak dapat membuat Anda rileks dalam berpikir.

Cobalah memilih warna hijau, agar Anda merasa seolah-olah Anda berada di tengah-tengah alam yang sejuk dan asri. Apabila Anda bertipe penyabar, dapat memilih warna biru, merah muda, putih, atau ungu agar selalu berada pada suasana hati yang merindukan kedamaian dan ketenangan. Apabila Anda bertipe periang, mengapa tidak memilih warna kuning agar hati semakin ceria.

Sesuaikan dengan warna rumah tetangga. Lihatlah rumah di sekeliling Anda. Apakah warna rumah mereka serempak, ataukah beraneka ragam. Jangan sampai rumah Anda adalah rumah yang paling ramai dalam satu kompleks. Apabila dalam satu komplek warna dinding luar adalah sama (misalnya warna putih), cobalah sedikit menahan diri untuk tidak bermain warna. Jika Anda tetap ingin bermain pada warna, lakukanlah pada dinding di dalam rumah.

Sesuaikan dengan warna atap. Jangan sampai warna atap rumah Anda bertabrakan dengan warna dinding rumah. Berhati-hatilah, jangan sampai tidak 'matching'.

Mungkin memang warna bisa mempengaruhi apa yang menjadi kehidupan kita. Bahkan dalam kehidupan kita di penuhi dengan warna sehingga tanpa sadar kita sendiri telah memasuki pengaruh warna itu sendiri.
Mudah-mudahan apa yang termuat dalam liputan informasi tentang warna ini semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Pengaruh Warna Rumah Terhadap Penghuninya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *