Jumat, 02 Agustus 2013

Arti Website dan Unsur Penunjangnya

Walaupun website sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar manusia, namun di sisi lain, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak paham betul arti website itu sendiri. Apalagi bagi mereka yang gagap terhadap dunia teknologi dan internet atau diistilahkan dengan gaptek. Namun sebelumnya apasalahnya jika Anda coba melihat kembali sekilas tentang desain website yang telah admin update sebelumnya. Artikel ini akan mencoba mengupas segala hal yang berhubungan dengan website itu sendiri dan beberapa unsur-unsur yang menunjang terbentuknya sebuah website.

Website.jpg

Proses

Jika Anda melakukan pencarian baik data atau gambar, maka Anda akan diantar ke sebuah alamat khas internet yang selalu dimulai dengan istilah 'www' dan 'com' semisal www.tuwumori.com, www.facebook.com, www.twitter.com, dan lainnya.

Inilah yang disebut dengan Domain Name atau URL (Uniform Resource Locator) yang kemudian mengangantarkan Anda dalam menemukan liputan informasi dalam bentuk teks, gambar baik diam atau bergerak, animasi bergerak, suara atau juga dalam bentuk video yang ada pada jaringan internet.

Inilah yang disebut website atau situs, dan ketika Anda membaca artikel ini, berarti Anda sudah berkunjung ke sebuah website. Untuk bisa membuka website ini, komputer yang Anda gunakan harus mempunyai software khusus yang dinamakan browser. Software ini bertugas sebagai alat untuk mengubah bahasa pemrograman yang ada di server komputer menjadi tampilan yang mudah dimengerti oleh pengguna internet. Tentu akan sangat membingungkan bagi para pengguna ketika melihat tampilan website masih berupa bahasa pemrograman. Karena itu, browser ini sangatlah penting bagi kita yang ingin menjelajahi dunia maya.

Banyak sekali browser yang bisa kita gunakan. Namun, secara umum program Browser yang dipakai adalah Internet Explorer (IE), Mozilla, Firefox, Netscape, Chrome, dan juga penjelajah bernama Opera. Masing-masing browser ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Anda bisa mencoba semua browser yang ada untuk menentukan browser mana yang cocok Anda gunakan baik untuk kepeningan pekerjaan maupun untuk kepentingan kantor.
Pengertian

Selanjutnya, secara sederhana website atau situs internet kemudian bisa diartikan kumpulan halaman yang berisi dan menampilkan informasi data berupa teks, gambar baik statis atau dinamis, animasi, suara, video atau gabungan keseluruhannya dan membentuk serangkaian bentuk yang satu sama lain saling taut dengan jaringan-jaringan halaman atau hyperlink saat Anda mengkliknya.

Website ada yang sifatnya statis karena kontennya hanya dari si pemilik website tersebut semisal website perusahaan atau lembaga saja. Namun, ada juga yang bersifat dinamis karena ada aksi interaktif bersifat dua arah antara pemilik dan pengguna website tersebut semisal Friendster, Blogspot, Multiply, Facebook, dll.

Baik website statis maupun website interaktif mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari fungsi website itu sendiri. Website lembaga, tentu akan sangat merepotkan ketika website tersebut dibuat dinamis di mana semua orang bisa mengisi website tersebut. Begitu juga jika Facebook dibuat statis, tentu tidak akan lagi menyenangkan karena para pengguna tidak bisa menambahkan atau menghapus informasi yang ada di dalam website.
Unsur-Unsur

Jika Anda hendak membuat website, maka ada beberapa unsur yang tak bisa dipisahkan dari persoalan website. Unsur yang bersifat penunjang ini adalah:

1. Nama domain (Domain name/URL atau Uniform Resource Locator)

Nama domain atau istilah komputernya Domain Name atau URL merupakan alamat khas internet yang pengidentifikasian alamat website. Jika nama website Anda diketik, maka akan muncullah website anda semisal http://www.anneahira.com nama domain ini bersifat dijual belikan dengan status sewa selama satu tahun. Jika lewat masa itu dan tidak diperpanjang, bisa saja website Anda akan ditutup sementara.

Jika Anda ingin memiliki sebuah website, pastikan Anda menggunakan nama yang mudah diingat dan menggambarkan isi dari website Anda. Misalnya saja Anda membuat website yang berisi tentang berita sepak bola, Anda bisa mendaftarkan domain dengan nama www.kabarbola.com. Tentu nama ini akan lebih mudah diingat dan ketika orang membaca website ini mereka bisa menyimpulkan isi dari website tersebut.

Bayangkan jika Anda menamai website berita bola yang Anda buat tersebut dengan nama www.ikanhias.com, tentu orang akan mengira bahwa website Anda adalah website yang menjual ikan hias. Walaupun Anda menamakan website dengan nama tersebut karena Anda mempunyai klub sepakbola dengan nama ikan hias. Dalam penentuan ini, perlu disamakannya persepsi orang. Jika memang Anda ingin membuat website bola dengan nama ikanhias.com, jangan lupa untuk menambahkan FC. FC sudah diketahui secara umum adalah footbal club dan semua tahu bahwa itu adalah nama klub sepakbola.

2. Rumah Tempat Web (Web Hosting)

Web Hosting adalah ruangan yang ada pada hard disk menyimpan berbagai data, berbentuk file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lainnya yang nantinya akan dipajang di website.

Besarnya data yang dimasukkan berbanding lurus dengan besarnya web hosting yang disewa. Jika sudah menyewa, biasanya si pemilik mendapatkan kontrol panel terproteksi dalam bentuk username dan password. Pemilihan web hosting dilakukan dengan cara memperkirakan trafik pengunjung yang ada di website. Jika trafik ataupun lalu lintas pengunjung sebuah website besar, tentu saja web hosting yang digunakan juga harus ditambah kecepatannnya.

Kecepatan web hosting berpengaruh terhadap kecepatan loading website yang menggunakan web hosting tersebut. Jika kecepatan rendah dan pengunjung banyak, dapat dipastikan jika website tersebut akan overload dan halaman tidak bisa ditampilkan.

3. Bahasa Program

Bahasa Program ini gunanya menerjemahkan segala perintah di website saat mulai diakses. Unsur bahasa program inilah yang menentukan dinamis atau statisnya sebuah website.

Banyaknya ragam bahasa program yang dipakai semakin dinamis dan interaktiflah website Anda. Bisanya jenis yang banyak dipakai adalah HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dan lain-lain.

4. Design Website

Design website adalah mengolah tampilan website Anda agar semakin menarik mata. Semakin cantik tampilannya, maka orang-orang akan senang berkunjung ke website tersebut. Bisa dikerjakan sendiri atau juga menggunakan jasa orang lain yang lebih berpengelaman.

Sementara program desain website salah satunya adalah Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dan program design lainnya. Saat ini juga sudah banyak template desain website yang bisa digunakan secara gratis untuk mempermudah dalam pembuatan website tersebut.

Demikian beberapa hal yang berkaitan tentang arti website dan juga beberapa unsur yang menunjang kelangsungan suatu website. Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, bisa dipastikan website tidak akan bisa ditampilkan secara maksimal.

Arti Website dan Unsur Penunjangnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *